Cara Membuat CV yang Baik dan Benar agar Disukai Perusahaan

- 1 September 2020, 21:01 WIB
Cara membuat CV agar dilirik calon pemberi kerja. (Pikiran Rakyat)
Cara membuat CV agar dilirik calon pemberi kerja. (Pikiran Rakyat) /Pikiran Rakyat

Jika Anda adalah pencari kerja, penting bagi Anda untuk benar-benar tahu bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Oleh karena itu, Tapi sebelumnya sudahkah Anda tahu apa itu CV?

Istilah Curriculum Vitae atau CV tentu sudah sangat familiar bagi Anda para jobseeker. Ya, hampir semua perusahaan pasti mensyaratkan lampiran CV jika Anda hendak melamar kerja di perusahaan tersebut.  

Definisi CV secara sederhana adalah penjelasan lengkap mengenai deskripsi diri Anda, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, skill yang dimiliki, dan sejumlah prestasi yang sudah Anda capai. CV harus ditulis dengan kronologis dan jelas supaya perusahaan bisa mengetahui kualifikasi Anda sebagai pelamar. Maka poin-poin CV itu perlu Anda cantumkan dengan baik dan benar. Lalu bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar supaya mudah diterima perusahaan? Simak caranya berikut!

1. Sebelum belajar cara membuat CV, kenali perusahaan yang akan Anda lamar dengan job research

Masing-masing perusahaan pastinya memiliki syarat kualifikasinya sendiri. Syarat perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan pastinya berbeda dengan perusahaan yang bekerja di bidang sosial politik. Maka sebelum mengirimkan CV, Anda perlu menelusuri terlebih dahulu karakter perusahaan dan sosok pelamar seperti apa yang mereka harapkan. Istilah untuk penelusuran ini disebut dengan job research. Bagaimana cara melakukannya?

Pertama, perhatikan bagian atau posisi yang akan Anda lamar. Setiap posisi pasti punya spesifikasi keahlian yang dibutuhkan. Maka penting bagi Anda untuk mengetahuinya dan mencantumkannya ke dalam CV jika Anda memang menguasai keahlian tersebut.

Kedua, teliti profil perusahaan dan baca visi misi, nilai, serta etos kerja yang mereka terapkan. Informasi ini bisa Anda olah agar deskripsi diri Anda cocok dengan profil perusahaan yang diinginkan. Dengan begitu CV Anda akan benar-benar menggambarkan diri Anda sebagai sosok pelamar yang mereka cari.

2. Cantumkan dengan lengkap informasi tentang Anda

Langkah selanjutnya dalam panduan cara membuat CV yang baik, adalah mengetahui karakteristik perusahaan yang ingin Anda lamar, kini saatnya mencantumkan informasi yang dibutuhkan selengkap dan sedetail mungkin. Informasi dalam CV secara garis besar bisa dibagi menjadi:

Identitas diri 

Pada bagian ini Anda harus secara lengkap mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email serta media sosial Anda. Pastikan bagian ini terletak di bagian atas CV.

Riwayat karier

Di bawah informasi mengenai data diri, Anda perlu mencantumkan secara kronologis dan rinci riwayat karier Anda selama ini. Riwayat karier di sini bisa berupa riwayat pendidikan, pengalaman kerja/magang, atau pengalaman lainnya yang bisa menunjang sisi profesionalitas Anda di mata perusahaan.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Rencanamu squline


Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x