Paling Lengkap! 20 Tempat Wisata Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

- 19 September 2020, 12:26 WIB
Wisata Kulon Progo, Air Terjun Siluwok. (Instagram/@explorekulonprogo)
Wisata Kulon Progo, Air Terjun Siluwok. (Instagram/@explorekulonprogo) /Instagram/@explorekulonprogo/Instagram/@explorekulonprogo)

JAKSELNEWS.COM - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan wisata situs bersejarahnya yang erat dengan kebudayaan zaman kerajaan Hindu – Budha, yang tersebar di berbagai wilayah di dalamnya, termasuk wisata Kulon Progo, salah satu kabupaten di provinsi tersebut. 

Kabupaten Kulon Progo sendiri, dikenal sebagai salah satu kabupaten di DIY yang menyimpan banyak keindahan pantai, gunung hingga hutan pinusnya. Berbatasan secara langsung dengan Kota Purworejo yang terkenal dengan keindahan pegunungannya, juga berbatasan langsung dengan Kota Magelang yang terkenal dengan situs–situs candinya, hingga daerah Bantul yang dikenal dengan wisata pantai sepanjang Samudera Hindia-nya membuat kabupaten Kulon Progo kaya akan tempat wisata alam yang patut untuk anda berlibur bersama keluarga. 

Berikut ini 20 tempat wisata Kulon Progo yang wajib anda kunjungi jika sedang berada di DI Yogyakarta.  

1. Wisata Kulon Progo, Waduk Sermo 

Tak jauh dari lokasi tempat wisata Kalibiru, terdapat waduk yang dikenal sebagai Taman Bambu Air Sermo yang berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kec. Kokap.     

Awalnya waduk ini berfungsi sebagai tandon air untuk alat irigasi sawah milik warga sekitar, akan tetapi karena melihat potensi keindahan alam dari Waduk Sermo membuat beberapa warga mulai mempermak waduk tersebut sebagai tempat wisata dan dapat menarik banyak perhatian publik.

Di waduk Sermo sendiri, terdapat spot – spot unik untuk dijadikan objek foto instagram anda, selain itu Waduk Sermo juga menyediakan rakit bambu untuk bisa mengelilingi waduk. 

Di sisi lain, Waduk Sermo juga menyediakan warung lalapan ikan hasil tangkapan langsung dari Waduk. Jika anda ingin memakan buah – buahan warung di Waduk Sermo adalah tempatnya. Untuk biaya masuknya, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.5000 saja.  

2. Kebun Teh Nglinggo 

Tempat wisata selanjutnya yang berada di Kulon Progo dan cocok untuk dimasukkan ke dalam list tempat liburan anda adalah Kebun Teh Nglinggo. Kebun Teh Nglinggo sendiri berlokasi di Kulon Progo Yogyakarta, Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh. 

Sekilas tampilan visual Kebun Teh Nglinggo mirip seperti kebun – kebun teh yang berada di puncak kota Bogor. Akan tetapi yang membedakannya adalah pemandangan dari 4 gunung yang terlihat dengan jelas, yaitu gunung Sumbing, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Merapi.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x