Berikut Ini 4 Manfaat Memiliki Tubuh Gemuk Bagi Kesehatan

- 27 September 2020, 16:39 WIB
Manfaat memiliki tubuh gemuk bagi kesehatan. (Pixabay)
Manfaat memiliki tubuh gemuk bagi kesehatan. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Beberapa orang saat ini cenderung ingin menguruskan tubuhnya agar terlihat lebih sehat dan langsing, hal ini dikarenakan adanya stereotip negatif pada tubuh gemuk. Tubuh gemuk diidentikkan sebagai gambaran tubuh manusia yang malas bergerak dan mudah terserang penyakit. 

Padahal memiliki tubuh gemuk juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Uniknya, manfaat itu tidak ditemui pada tubuh manusia yang lebih kurus daripada tubuh gemuk.

Berikut ini 4 manfaat tubuh gemuk bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Bagus untuk vitamin

            Lemak ternyata juga bermanfaat bagi vitamin di dalam tubuh. Semakin banyak lemak yang diserap di jaringan lemak tubuh, maka akan semakin banyak vitamin yang akan larut dalam lemak juga. Hal ini akan membuat kulit tubuh anda terlihat lebih sehat, menyehatkan tulang, serta mengurangi terjadinya peradangan. 

2. Memiliki energi cadangan

            Lemak dalam tubuh ternyata menyimpan banyak energi bagi tubuh. Mengutip dari salah satu artikel di laman pikiran-rakyat.com dengan judul artikel 5 Manfaat Miliki Lemak di Tubuh, Salah Satunya Menyimpan Banyak Energi Dain LaRoche, salah seorang associate professor di University of New Hampshire menjelaskan, “Orang yang lebih tua cenderung menurunkan berat badan pada tahap kehidupan selanjutnya, sehingga memiliki cadangan energi tersebut bermanfaat,” 

            Selain itu, menyimpan lemak di tubuh juga bermanfaat bagi para penderita kanker.

3. Menambah perlindungan 

            Lemak dalam tubuh ternyata dapat menambah sistem perlindungan bagi tubuh dari benturan fisik. Sebab lemak memiliki lapisan perlindungan yang cukup tebal sehingga mengurangi terjadinya trauma fisik. Di sisi lain, lemak dalam tubuh yang berada di sekitar bagian tubuh, dapat memberikan sumber energi bagi jantung, hati dan ginjal.

4. Menghangatkan badan 

            Badan yang gemuk ternyata memiliki tingkat kehangatan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan tubuh yang kurus. Hal ini dikarenakan tubuh gemuk, memiliki banyak lemak yang berfungsi untuk menghangatkan badan di kala terkena musim atau cuaca yang dingin. Jika dingin menerpa tubuh, maka lemak di dalam akan segera beradaptasi dengan suhu dingin di luar tubuh dengan tujuan untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Maka dari itu, terdapat persyaratan indeks massa tubuh bagi para perenang air dingin agar tidak mudah terserang hipotermia.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x