4 Manfaat Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh

- 19 Oktober 2020, 23:11 WIB
Ilustrasi makanan pedas.
Ilustrasi makanan pedas. /pexels/ponyo-sakana

JAKSELNEWS.COM - Mayoritas masyarakat Indonesia tentu menyukai makanan yang bercita rasa pedas. Tetapi, akan kurang rasanya jika memakan nasi tanpa adanya tambahan lauk dan sambal. Sambal yang menggoda dan terasa seakan membakar lidah merupakan sensasi yang sangat familiar bagi para pecinta makanan pedas. 

Indonesia sendiri memiliki banyak ragam macam sambal, diantara lainnya yaitu ada sambal matah, sambal bajak, sambal cumi, dan berbagai macam lainnya. 

Makanan pedas juga selain bisa meningkatkan asupan vitamin C dalam tubuh, juga memiliki beberapa manfaat lainnya. 

Berikut ini 4 manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh : 

 

  • Meningkatkan kesehatan jantung 

Mengkonsumsi makanan pedas ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan capsaicin, vitamin A dan vitamin C yang berada di dalam cabe, dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi jumlah kolesterol jahat, sehingga mengurangi resiko tubuh terserangan penyakit stroke dan serangan jantung. 

 

  • Mengurangi resiko terkena kanker 

Selain bisa mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung. Makanan pedas yang tentu mengandung banyak cabai juga bisa mencegah tubuh terkena penyakit kanker. Capsaicin, zat yang terkandung dalam cabai, selain dapat menguatkan otot jantung, zat ini juga berfungsi untuk mematikan reseptor yang aktif dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya pertumbuhan tumor dalam tubuh.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x