4 Manfaat Madu Bagi Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

- 21 Oktober 2020, 22:06 WIB
Madu Manuka, ampuh mengatasi masalah jerawat.
Madu Manuka, ampuh mengatasi masalah jerawat. /Dok. Health Line

JAKSELNEWS.COM - Madu adalah sebuah cairan alami yang dihasilkan oleh seekor lebah yang bersumber langsung dari nektar bunga yang dikonsumsi oleh lebah madu tersebut. 

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui jika madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, yang pada akhirnya madu menjadi bagian dari bahan menu makanan sehari - hari, bahkan bisa menjadi obat untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 4 manfaat madu bagi kebugaran dan kesehatan tubuh manusia : 

 

  • Mengatur kadar kolesterol 

Salah satu manfaat madu bagi kesehatan tubuh adalah dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Umumnya dalam tubuh manusia terdapat kolesterol baik dan buruk. Jika kadar kolesterol buruk lebih tinggi dibandingkan dengan kadar kolesterol baik, maka otomatis tubuh akan beresiko terkena penyakit serangan jantung hingga stroke. Maka salah satu cara untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Dengan mengkonsumsi madu, maka kadar kolesterol jahat akan menjadi menurun dan membuat kadar kolesterol baik menjadi lebih tinggi. 

 

  • Meningkatkan kesehatan jantung 

Madu juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas kesehatan jantung. Maka jika anda rutin mengkonsumsi madu setiap pagi dan sore, maka hal ini akan mempengaruhi denyut jantung. Ritme denyut jantung nantinya akan menjadi lebih normal, tidak terlalu cepat ataupun lamban, karena asupan nutrisinya yang telah terpenuhi oleh gizi yang terkandung dari madu. 

Semakin teratur ritme jantung, maka hal ini juga akan mempengaruhi bagi kesehatan seluruh organ tubuh lainnya. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x