5 Tips Jitu agar Anda dapat Tidur Nyenyak di Malam Hari 

- 30 Oktober 2020, 23:53 WIB
Ilustrasi orang tidur dan bermimpi
Ilustrasi orang tidur dan bermimpi /freepik

JAKSELNEWS.COM – mendapatkan tidur yang berkualitas di malam ternyata mempengaruhi stamina tubuh dalam menjalankan aktifitas selama seharian. Hal ini dikarenakan dengan tidur yang cukup dapat meningkatkan kesehatan, kualitas sel – sel otak, serta membuat tubuh menjadi bersemangat untuk melakukan olahraga. Sedangkan jika tubuh kekurangan jam tidur, maka tubuh akan beresiko terkena penyakit, kelainan pada hormon serta terjadinya peningkatan pada berat badan.

Berikut ini ada 5 tips agar anda bisa tidur nyanyak di malam hari : 

 

  • Matikan lampu

Saat tidur di malam hari, usahakan untuk mematikan lampu kamar agar tidak ada cahaya yang menggangu pandangan mata anda. Hal ini dikarenakan jika anda tertidur dengan tubuh yang terpapar cahaya, maka akan sulit bagi anda untuk lebih cepat jatuh tidur terlelap. Hal ini dikarenakan cahaya di malam hari pada tubuh sedang tidur dapat mengurangi kandungan hormon melatonin yang membuat tubuh menjadi lebih nyenyak dalam tidur. Maka salah satu cara agar bisa tertidur nyenyak yaitu dengan menghindari cahaya ruangan di malam hari.

 

  • Jauhkan hp 

Selanjutnya jangan lupa untuk menjauhkan hp dari jangkauan anda saat mencoba tidur di malam hari. Hal ini agar pikiran anda saat mencoba tidur tidak terdistraksi oleh keberadaan hp yang membuat anda tergoda untuk memainkannya. Selain itu, cahaya biru yang diproduksi oleh layar hp membuat tubuh menjadi lebih susah untuk tidur secara nyenyak dan juga memberikan efek buruk bagi kesehatan mata. Maka usahakan untuk meletakkan hp dengan jarak yang cukup jauh dari tempat tidur anda.

 

  • Hindari tidur siang 

Menghindari tidur di siang hari juga merupakan salah satu cara agar tidur anda di malam hari menjadi lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan jika anda tidur siang selama lebih dari 30 menit maka hal tersebut akan membuat anda kesusahan untuk tidur nyenyak di malam hari. Selain itu, tidur siang dengan kuantitas waktu yang cukup lama juga dapat menganggu kesehatan dan fungsi otak. Maka disarankan untuk menghindari tidur siang, atau jika memang membutuhkan tidur siang cukup gunakan waktu selama 30 menit, maka nantinya otak akan menjadi lebih fresh dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x