4 Cara Hilangkan Cegukan Secara Efektif dan Cepat

- 31 Oktober 2020, 00:13 WIB
Ilustrasi Gula Pasir.* /pixabay.com/

JAKSELNEWS.COM – cegukan merupakan suatu fenomena dimana diafragma mengalami kejang sehingga membuat tubuh mengalami cegukan. Cegukan sendiri umumnya disebabkan karena mulut yang mendapatkan terlalu banyak makanan dan mengunyah dengan cepat, sehingga menyebabkan cegukan.

Dalam beberapa kasus cegukan umumnya lebih mudah hilang dengan sendirinya dengan cepat dengan cara meminum air putih. Akan tetapi tak sedikit juga yang mengalami cegukan dalam jangka waktu yang cukup lama meski telah meminum air putih. 

Berikut ini ada 4 cara untuk menghilangkan cegukan secara efektif dan cepat : 

 

  • Gunakan kantong plastik 

Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan dengan cepat yaitu dengan cara menggunakan kantong plastik. Caranya yaitu dengan bernafas di dalam kantong plastik dengan cara menempelkan lubang kantong plastik ke bagian mulut, lalu mulai mengambil nafas dari hidung dan keluarkan melalui mulut yang terhubung dengan kantong plastik. Hal ini cukup efektif untuk menghilangkan cegukan dengan cepat.

 

  • Tahan Nafas

Cara lainnya yaitu dengan menahan nafas. Cara melakukannya yaitu dengan duduk terlebih dahulu dengan kondidi melipat kaki hingga tekukan lutut berhadapan dengan bagian dada, lalu mulai berusaha atur nafas sepelan mungkin hingga cegukan berhasil hilang. Hal ini dinilai cukup efektif menghilangkan cegukan karena adanya tekanan dari dada yang berasal dari tekukan lutut kaki.

 

  • Lakukan handstand

Melakukan handstand juga merupakan cara yang paling jitu untuk menghilangkan cegukan. Cara ini terkenal cukup anti mainstream bagi sebagian banyak orang. Cara melakukan handstand, yaitu dengan memposisikan tangan di sekitar kepala lalu mulai ditempelkan ke lantai, dan badan membentuk sikap lilin dengan kaki di atas dan tangan menopang badan di lantai. Hal ini dilakukan agar aliran oksigen dapat berjalan dengan lancar menuju ke arah otak, sehingga membuat cegukan dapat hilang dengan cepat.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X