Suka Menunda Pekerjaan? Berikut Ini 5 Tips untuk Bisa Lebih Fokus dalam Menyelesaikan Pekerjaan

- 11 November 2020, 14:03 WIB
Ilustrasi mengetik di laptop.
Ilustrasi mengetik di laptop. /Pixabay

JAKSELNEWS.COM – Dalam beberapa kasus orang – orang seringkali susah fokus saat sedang menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas. Umumnya susah dalam berfokus terhadap 1 pekerjaan ini dikarenakan adanya distraksi dan gangguan di sekelilingnya seperti notifikasi hp, suara berisik dari orang – orang sekitar, hingga suasana yang tidak nyaman membuat pikiran menjadi susah fokus untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat.

Lalu bagaimanakah cara agar pikiran bisa lebih fokus dalam mengerjakan sebuah tugas?

Berikut ini ada 5 tip untuk bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa harus terganggu dengan distraksi yang ada di sekitar :

 

1.  Buat suasana nyaman

Cara pertama yang harus diperhatikan yaitu buatlah suasana pekerjaan menjadi lebih nyaman bagi anda. Suasana yang tidak nyaman, tentu akan mengganggu produktifitas dan kefokusan anda dalam proses pengerjaan tugas. Maka kunci utama yang harus dilakukan yaitu menciptakan suasana pekerjaan yang nyaman bagi diri anda. contohnya seperti menyetel musik instrumental yang anda sukai, pergi ke suatu tempat yang sunyi dan berada di alam terbuka, atau menyediakan sebuah cemilan sebagai teman untuk mengerjakan tugas. Cara – cara seperti itulah yang akan membantu anda untuk bisa menikmati waktu produktifitas anda, sehingga tanpa terasa anda akan lebih mudah untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

 

2.      Rancang jadwal dan skala prioritas  

Tanpa jadwal dan planning untuk pengerjaan tugas, tentu nantinya akan membuat pengerjaan tugas menjadi kurang maksimal. Maka cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan mengatur jadwal dan skala prioritas. Hal ini dilakukan agar anda bisa lebih memiliki banyak waktu untuk bisa mengerjakan banyak pekerjaan selama 24 jam lamanya. mengatur waktu yang tepat tentu akan membuat anda menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. Sedangkan agar anda bisa lebih terstruktur dalam mengerjakan beberapa tugas, anda juga harus menetapkan skala prioritas dimulai dengan pekerjaan yang memiliki deadline paling dekat. Sehingga jika anda bisa mengatur waktu dan mengikuti skala prioritas yang ada, maka semua pekerjaan anda pada satu hari tersebut dapat terselesaikan dengan maksimal dan hasil yang memuaskan.

 

3.      Jauhi penggunaan sosial media

Pada saat sedang mengerjakan tugas anda, jangan lupa untuk selalu jauhi sosial media dengan cara me-mute notifikasi yang ada di handphone. Hal ini dikarenakan sosial media merupakan salah satu faktor paling utama yang membuat beberapa orang menjadi susah fokus dalam menyelesaikan satu pekerjaan di era digital ini. Selain itu, jika anda terlanjur memainkan sosial media di tengah waktu pengerjaan tugas, maka waktu anda akan terbuang dengan sia – sia dan tugas menjadi terbengkalai serta susah untuk segera diselesaikan, karena fokus pikiran anda yang terlanjur teralihkan ke sosial media.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x