Berikut Ini 4 Manfaat Jika Anda Rutin Membaca Buku

- 13 November 2020, 01:18 WIB
Ilustrasi membaca buku.
Ilustrasi membaca buku. /PEXELS/Rahul Shah

JAKSELNEWS.COM – Di masa pandemi ini tentu membuat banyak orang terpaksa untuk lebih banyak melakukan kegiatan sehari – harinya di dalam rumah, serta selalu menjaga jarak dari tempat keramaian. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang seringkali merasa bosan karena terlalu banyak menghabiskan waktu di rumah.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan secara lebih produktif yaitu membaca buku. Selain dapat meningkatkan memori di otak, nyatanya membaca buku juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Berikut ini ada 4 manfaat jika anda rutin membaca buku :

 

1.  Meningkatkan jumlah kosakata

Membaca buku nyatanya bisa meningkatkan kosakata. Hal ini dikarenakan dengan membaca buku nantinya anda akan terbiasa dengan berbagai macam kata – kata yang terlihat baru bagi anda, sehingga hal itu nantinya akan memaksa anda untuk berusaha memahami arti dan makna dari kata yang terlihat asing tersebut. Melalui pemahaman arti kata itulah, nantinya otak anda secara otomatis akan menyimpan ke dalam memori mengenai kosakata baru tersebut.

 

2.      Meningkatkan skill menulis

Selain itu, membaca buku juga dapat meningkatkan skill menulis anda. Sebab, hal ini dipengaruhi dengan semakin menambahnya jumlah kosakata baru yang masuk ke dalam memori otak anda, sehingga semakin mempermudah anda dalam merangkai kalimat yang cukup panjang. Selain itu style penulisan dalam buku yang telah dibaca juga akan mempengaruhi proses meningkatkan skill menulis.

 

3.      Memperluas wawasan

Selain dapat meningkatkan skill menulis, membaca buku juga berfungsi untuk memperluas wawasan dan pengetahuan. Sebab, setiap buku memiliki informasi dan keunikannya masing – masing. Maka, semakin banyak anda membaca, otomatis akan semakin banyak pula informasi dan pesan yang akan anda terima dari buku – buku tersebut.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x