Berikut Ini 4 Manfaat Lainnya dari Menggunakan Kaos Kaki

- 14 November 2020, 00:21 WIB
Ilustrasi kaus kaki.
Ilustrasi kaus kaki. /Pexels/Karolina Grabowska/

JAKSELNEWS.COM – Penggunaan kaos kaki sepertinya sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari – hari bagi sebagian besar orang yang seringkali melakukan kegiatan di luar rumah. Selain itu, menggunakan kaos kaki juga umumnya digunakan untuk menghalau rasa dingin di kala suhu udara sedang dalam keadaan rendah.

Meski begitu, tahukah anda jika ternyata terdapat sejuta manfaat dan fungsi lainnya dalam menggunakan kaos kaki? Berikut ini 4 manfaat lainnya :

1.  Mengurangi resiko lecet

Kaki yang berkeringat dan ukuran sepatu yang terlalu ketat, tentu akan membuat bagian tumit kaki menjadi rentan lecet. Hal ini dikarenakan adanya gesekan kasar yang terus menerus terjadi serta kondisi kulit yang sensitif, sehingga membuat kulit kaki bagian tumit menjadi kemerahan dan terlihat lecet. Jika kaki menjadi lecet, akan susah untuk dibuat berjalan dengan menggunakan sepatu.

Maka salah satu cara untuk mengurangi resiko lecet di kaki yaitu dengan menggunakan kaos kaki. Selain lebih nyaman, kaki juga menjadi lebih aman dari lecet tanpa harus merasakan perih saat berjalan menggunakan sepatu.

 

2.      Mencegah terkena penyakit

Penggunaan kaos kaki juga berfungsi untuk mencegah terkena penyakit Raynaud. Hal ini dikarenakan dengan mengenakan kaus kaki dapat membuat kaki terasa lebih hangat sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit Raynaud. Di sisi lain, penyakit Raynaud adalah suatu penyakit yang disebabkan suhu dingin, sehingga menyebabkan aliran darah berjalan tidak lancar, sehingga menimbulkan mati rasa atau bahwa rasa sakit pada bagian kaki.

 

3.      Menghangatkan kaki

Selain itu, kaos kaki juga berfungsi untuk menghangatkan kaki dari suhu yang sangat dingin. Kainnya yang tebal dapat menciptakan rasa hangat serta membuat kaki terhindar dari mati rasa karena suhu yang terlalu ekstrim. Selain itu, kainnya yang halus juga membuat kaki terasa lebih nyaman untuk dibuat berjalan kesana kemari.  

 

4.      Mencegah cedera

Terakhir, penggunaan kaos kaki juga berfungsi untuk menghindari cedera saat sedang berolahraga. Hal ini dikarenakan, saat kaki sedang bergerak cepat untuk berlari atau melakukan gerakan olahraga lainnya, hal ini akan membuat kaki berpotensi terkena cedera atau mengalami kelecetan. Maka penggunaan kaos kaki pada saat sedang berolahraga dapat mengurangi reaksi gesekan pada kaki dengan benda yang ada di sekitarnya, serta membuat kaki terasa nyaman saat bergerak karena adanya bantalan pada saat menggunakan kaos kaki, dan juga membuat kaki terasa kering karena penggunaan kaos kaki dapat mengurangi produksi keringat yang berlebih.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x