Rekomendai 5 Musik Bebas Royalti Ini Mudah Diakses

- 8 April 2021, 07:26 WIB
Lembaran musik dengan not balok (Pexels) /Pexels

JAKSELNEWS.COM – Presiden Joko Widodo sudah menandatangi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 tahun 2021 pada 30 Maret 2021. Artinya, bagi pelaku usaha maupun layanan publik yang menggunakan lagu untuk keperluan komersial wajib membayar royalti kepada pencipta.

Royalti merupakan imbalan atas pemanfaatan hak ekonomi suatu ciptaan atau produk hak terkait yang diterima pencipta atau pemilik hak tersebut.

Pengguna lagu dan musik secara komersial yang dimaksud dalam pasal yaitu, seminar, konferensi komersial, restoran, kafe, pub, bar, distro, klub malam, diskotek, pameran dan bazar, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Suka Musik dan Tertarik Bekerja di Industri Musik? Berikut Kampus dengan Jurusan Seni Terbaik

Kendati demikian, ada banyak musik bebas royalti yang bisa diputar hingga digunakan sebagai latar video. Berikut lima musik bebas hak cipta dan royalti.

1. NCS music

No Copyright Sound (NCS) merupakan salah satu sumber audio tanpa hak cipta dan royalti. Saluran NCS ini dapat diakses di YouTube.

2. Kevin Macleod

Musisi dan komposer asal Amerika ini sudah menciptakan sekitar 2.000 lagu yang bisa diakses secara gratis. Musik-musik Kevin bisa diakses di YouTube. Salah satu musiknya yang populer yaitu Monkey Spinning Monkeys.

Baca Juga: Disarankan buat Video Musik Tanpa Busana, Begini Komen Jessi

3. Bensound

Bensound adalah sebuah website yang berisi kumpulan musik bebas royalti. Bensound menyediakan berbagai genre musik, seperti akustik, electric, cinematic, jazz hingga rock.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X