Musisi Legendaris Reggae Asal Jamaika Robbie Shakerpeare Meninggal Dunia Diusia 68 Tahun

- 10 Desember 2021, 07:26 WIB
Musisi Legendaris Reggae asal Jamaika Robbie Shakerpeare meninggal dunia diusia 68 tahun akibat penyakit ginjalnya.
Musisi Legendaris Reggae asal Jamaika Robbie Shakerpeare meninggal dunia diusia 68 tahun akibat penyakit ginjalnya. /twitter @AndrewHolnessJM/

JAKSELNEWS.COM - Musisi Legendaris Reggae asal Jamaika Robbie Shakerpeare meninggal dunia diusia 68 tahun akibat penyakit ginjalnya. Robbie merupakan bagian dari duet Sly dan Robbie dengan Sly Dunbar.

Menurut The Jamaica Gleaner, Shakespeare baru-baru ini menjalani operasi terkait ginjalnya dan ia pernah ke rumah sakit Florida.

Dikutip Jakselnews.com dari The Guardian “Ketika berbicara tentang bermain bass reggae, tidak ada yang mendekati dipengaruhi oleh Robbie Shakespeare.” tulis Robert Holness, Perdana Menteri Jamaika pada 9 Desember 2021.

“Dia akan dikenang atas kontribusi pentingnya bagi industri musik dan budaya Jamaika.” lanjut tulisan Perdana Menteri Jamaika.

Sly dan Robbie telah bersatu kembali pada pertengahan 1970-an setelah Shakespeare memotong karir musiknya sendiri sejak usia dini. 

Pasangan ini dikaitkan oleh selera musik yang bervariasi, tetapi secara khusus mereka menyukai pada produksi reggae. Karyanya yang luar biasa ada di album Right Time 1976 milik Mighty Diamonds.

Selama dekade berikutnya, status mereka berkembang saat  bekerja dengan artis seperti Joe Cocker dan Grace Jones. Mereka juga bertanggung jawab atas perubahan penting dalam musik reggae saat dia beralih ke digital, memperkenalkan ritme “Rockers” 

selain itu, mereka bekerja dengan Chaka Demus & Pliers untuk menciptakan suara baru yang membedakan lagu-lagu seperti Bam Bam dan Murder She.

Shakespeare telah dinominasikan untuk 13 Grammy sepanjang karirnya dan menang dua kali, sekali pada tahun 1984 sebagai Rekaman Reggae Terbaik untuk Lagu Kebangsaan dan kemudian pada tahun 1998 sebagai Album Reggae Terbaik untuk Teman.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini