Keren! Lagu 'Berani Bersuara <3<3' Kolaborasi JKT48 dan Laleimanino Ajak Anak Muda Bijak Bermedsos

- 13 Juni 2022, 16:56 WIB
JKT48 dalam video musik Berani Bersuara <3<3 bersama Laleimanino
JKT48 dalam video musik Berani Bersuara <3<3 bersama Laleimanino /YouTube/Siberkreasi/

JAKSELNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mendapuk kelompok musik LALEILMANINO dan JKT48 untuk menggubah sebuah lagu bertema generasi muda. 

Dirilis pada 27 Mei 2022 untuk menyuarakan kampanye #BeraniBersuara, lagu dan video musik berjudul "Berani Bersuara <3<3" ini mengusung tema perlunya etika berkomunikasi di era digital. Pada intinya, lirik lagu ini mendorong masyarakat untuk lebih bijak dalam menyampaikan pendapat di dunia maya. Sebab, "bersuara" bukan berarti berbicara sebebas-bebasnya tanpa batasan.

Kampanye dalam bentuk musik dan lagu dinilai lebih efektif dan mengena bagi generasi muda, terutama Gen-Z. Alunan melodi dan lirik yang tepat mampu mengirim pesan kepada anak-anak muda.

 

Musik sebagai media penyampaian efektif bagi generasi muda

Menurut laporan terbaru dari DataReportal.com dan Statista, pada tahun 2022 terdapat sekitar 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia dengan waktu konsumsi sekitar 3 jam dalam sehari.

Dari jumlah tersebut, gen Z menjadi generasi yang mendominasi penggunaan media sosial di tanah air. Tanpa panduan bernetiket yang positif, gen Z rentan terpapar isu-isu daring yang dapat membahayakan, seperti informasi palsu/hoax, dan berbagai perilaku tidak etis seperti perselisihan, provokasi, intimidasi, ujaran kebencian, serta penipuan.

Baca Juga: JKT 48 Putuskan Resesi, Para Anggota Bagikan Perasaan

Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan bahwa Gen-Z merupakan konsumen terbesar dalam menikmati musik dan video pada platform streaming seperti Spotify. Menggabungkan audio dan visual sebagai elemen utama dalam penyampaian pesan, video lirik menjadi media yang paling efektif dalam menyuarakan perubahan bagi generasi muda.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x