Resmi, Amerika Serikat Akan Memulai Vaksinasi Covid-19 Pada Pertengahan Desember 2020

- 23 November 2020, 14:58 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Pikiran-rakyat.com) /Pikiran-rakyat.com

JAKSELNEWS.COM - Ditengah keputusasaan dalam menghadapi resesi ekonomi dan meningkatnya jumlah korban dari Covid-19, vaksin menjadi solusi bagi semua negara yang terdampak pandemi Covid-19.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang berjuang melawan Covid-19 ini. Melalui Moncef Slaoui, penasihat ilmiah Gedung Putih untuk Operation Warp Speed, pemerintah AS mengatakan akan memulai vaksinasi pada pertengahan Desember.

Slaoui mengatakan, “rencana kami adalah untuk dapat mengirimkan vaksin ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam setelah persetujuan.

Jadi saya berharap mungkin pada hari kedua setelah persetujuan pada 11 atau 12 Desember.”

Vaksin yang digunakan oleh negara Amerika Serikat adalah dari produsen obat Pfizer Inc. Pfizer dipilih karena terbukti 95 persen efektif.

Pfizer bersama mitranya yang berasal dari Jermna, BioNTech, mengajukan perizinan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk otorisasi penggunaan darurat bagi kandidat vaksin COVID-19, dan komite penasihat vaksin FDA dijadwalkan bertemu pada 10 Desember. 

Persediaan pertama dari vaskin penggunaan darurat akan dijatah. Slaoui memperkirakan bahwa 20 juta orang di seluruh AS dapat divaksinasi pada bulan Desember, dengan 30 juta per bulan setelahnya.

Sementara itu, hasil akhir uji coba vaksin masih dalam penghitungan.***

 

Editor: Husain F.P

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x