CIA: China Musuh Buas yang Perlu di Waspadai!

- 25 Februari 2021, 11:55 WIB
Badan Intelijen AS Bersama FBI Sebut Rusia Dalang Utama Di Balik Peretasan Badan Pemerintahan AS, Ilustrasi Logo FBI.*
Badan Intelijen AS Bersama FBI Sebut Rusia Dalang Utama Di Balik Peretasan Badan Pemerintahan AS, Ilustrasi Logo FBI.* /FBI/

JAKSELNEWS.COM - China dianggap Amerika Serikat (AS) sebagai musuh yang buas juga otoriter. Hal ini diungkapkan oleh calon direktur Badan Intelijen AS, CIA.

William Burns mengatakan jika dirinya nanti terpilih dalam bursa calon pemimpin CIA yang baru, hal utama yang akan dilakukannya adalah membahas kunci keamanan nasional dalam menghadapi China.

"China akan terus bersaing dan kunci keamanan negara ini tentu harus dibahas ulang," katanya mengutip laman AP Kamis (25/2).

Baca Juga: Lagi, Kekerasan terhadap Warga Asia di Amerika Kembali Terjadi

Dia juga tak segan menyebut China sebagai musuh yang tangguh dan sulit dikalahkan. Serta selalu memprkuat kemampuannya untuk menekan rakyat. memperluas jangkauan dan membangun pengaruh di AS.

Persaingan dengan China menjadi prioritas di era pemerintahan Joe Biden ini. "Kepemimpinan China sifatnya bermusuhan," tutur Burns.

Ancaman lain di bidang pertahanan selain China adalah Korea Utara, Rusia serta Iran. Agresi Rusia juga menjadi masalah konstan terlebih keterlibatan pada pemilu AS serta peretasan yang terjadi di pemerintahan.

Baca Juga: Badai Salju Ekstrem di AS Bikin Air Terjun Niagara Membeku

Burns di CIA sudah ada sejak pemerintahan Donald Trump. Namun langkahnya selalu dipersulit karena agenda pertemuan dengan mata-mata terkait Rusia selalu diabaikan Trump. Pada pemerintahan Joe Biden, Burns mendapat dukungan penuh. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x