China Diminta Turun Tangan dalam Proses Perdamaian Korsel-Korut

- 5 April 2021, 18:36 WIB
Rudal balistik terbaru Korea Utara.
Rudal balistik terbaru Korea Utara. /Foto: KCNA / NK News/

JAKSELNEWS.COM - China diharapkan ikut andil dalam proses damai antara dua negara Korea. Seoul mengundang Presiden China untuk datang ke negaranya setelah Amerika Serikat (AS) setuju dengan program denuklirisasi.

Seoul dan Beijing dianggap memiliki tujuan yang sama yakni denuklirisasi Semenanjung Korea. Karena itu Seoul berharap Beijing mampu membujuk Pyongyang untuk menghentikan aksinya.

"Seoul dan Beijing sama-sama mendukung denuklirisasi di Semenanjung Korea, itu menuju pada perdamaian permanen diantara dua negara Korea," kata Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Chung Eui Yong saat melakukan pertemuan dengan Menlu China, Wang Yi.

Wang bahkan mengatakan setuju untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Semenanjung Korea selama bertahun-tahun sehingga menyebabkan Korsel dan Korut perang dingin.

Sebelumnya diketahui Presiden China, Xi Jinping menyatakan dukungannya kepada Korea Selatan atas inisiatif untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea. Dia menyebut langkah tersebut sejalan dengan misi China dan Korea Selatan. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x