Florida Menyatakan Keadaan Darurat Terkait Potensi Runtuhnya Waduk Air Limbah

- 6 April 2021, 10:51 WIB
Ilustrasi waduk di Florida (Freepik / wirestock)
Ilustrasi waduk di Florida (Freepik / wirestock) /Freepik

JAKSELNEWS.COM – Gubernur Florida mengumumkan keadaan darurat karena adanya potensi keruntuhan waduk yang berisi 400 juta galon air limbah dari bekas tambang fosfat ke sekitar Teluk Tampa.

“Saat ini, air sudah turun menjadi sekitar 340 juta galon yang dapat menembus totalitas dalam beberapa menit,” kata Pejabat Administrator Wilayah Manatee County Scott Hopes pada konferensi pers, Minggu mengenai upaya saat ini untuk menguras waduk fosfogypsum Piney Point setelah ditemukan kebocoran.

Penduduk sekitar sudah dalam zona evakuasi sekitar 12 mil di utara Bradenton karena diperkirakan air setinggi 20 kaki dapat membanjiri daerah tersebut dalam waktu kurang dari satu jam jika terjadi keruntuhan total.

Baca Juga: Listrik Dipastikan Berangsur Pulih Selama Bencana di NTT

Kebocoran waduk seluas 9 hektar pertama kali silaporkan sekitar seminggu lalu, tetapi baru-baru ini keadaan berubah karena upaya untuk menutup retakan gagal, kata para pejabat.

Gubernur Ron DeSantis berbicara di konferensi pers pada Minggu, mengatakan 33 juta galon air yang tidak diolah, atau 23.500 galon per menit, dipompa keluar dari waduk dan ke saluran air di sekitarnya setiap hari dengan bantuan Pengawal Nasional Florida.

Ron DeSantis membantah laporan yang tersebar bahwa cairan itu radioaktif karena mengandung fosfogypsum. DeSantis justru mengatakan cairan itu sebagian besar adalah air asin, air hujan, dan air yang dia sebut "air warisan".

Baca Juga: Update Harga Emas Selasa, 6 April 2021. Emas Antam Jadi Rp 962.000 per Gram

Dia juga mengatakan airnya sedikit asam dan mengandung tingkat nutrisi yang tinggi. Air asam itu yang sempat memicu kekhawatiran di antara nelayan lokal dan pencinta lingkungan karena hal itu dapat memicu pertumbuhan ganggang beracun lainnya.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Huffington Post


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x