Gubernur Montana Nyatakan Larangan Penggunaan Paspor Vaksin, Tegaskan Ingin Lindungi Kebebasan dan Privasi

- 14 April 2021, 15:51 WIB
ILUSTRASI// Montana tolak penggunaan paspor vaksin
ILUSTRASI// Montana tolak penggunaan paspor vaksin /Pixabay/Markus Winkler

JAKSELNEWS.COM - Montana menjadi negara kelima yang melarang penggunaan paspor vaksin. Pada hari ini, Gubernur Montana, Greg Gianforte telah menandatangani perintah eksekutif sebagai larangan penggunaan paspor vaksin sebagai syarat wajib bagi bisnis dan negara.

Sebelumnya, Gubernur Idaho, Texas, Florida, Utah telah mengeluarkan perintah penolakan terhadap paspor vaksin sebagai syarat bagi warga untuk menerima layanan publik. Greg Gianforte yang saat ini sedang menjalani masa isolasi setelah positif terpapar Covid-19 menjelaskan maksud dan tujuannya melalui akun Twitter resminya. 

Ia menyebutkan jika ia ingin seluruh warga Montana mendapatkan vaksin, namun secara sukarela berdasarkan keinginan diri untuk melindungi diri dan kehidupan mereka. Oleh karena itu, larangan terhadap paspor vaksin ini merupakan salah satu upayanya melindungi kebebasan individu dan privasi yang dimiliki warganya. 

Baca Juga: Film 'Mortal Kombat' Raup Pendapatan Sebesar Rp 156 M Di Penayangan Perdananya

Sebanyak 52 persen suara masyarakat menyatakan dukungan mereka atas adanya paspor vaksin. Usulan penggunaan paspor vaksin ini dianggap melanggar hak privasi warga negara dan justru dapat digunakan untuk mendiskriminasi warga Amerika yang tidak menerima vaksin. 

Paspor vaksin ini awalnya diusulkan untuk mempermudah akses warga ke berbagai fasilitas publik. Hingga saat ini, New York merupakan satu-satunya negara bagian yang meluncurkan paspor vaksin untuk warga negaranya.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Forbes


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x