Saat Berkunjung ke Qatar, Menlu Retno Bertemu dengan Perwakilan dari Taliban

- 28 Agustus 2021, 21:52 WIB
Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Qatar. Selain bertemu Menlu Qatar, Menlu Retno juga bertemu dengan perwakilan Taliban.
Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Qatar. Selain bertemu Menlu Qatar, Menlu Retno juga bertemu dengan perwakilan Taliban. /Twitter/@Menlu_RI/

JAKSELNEWS.COM - Gejolak yang masih membara di Afghanistan membuat Indonesia trurut memberikan perhatian. Korban yang terus berjatuhan menambah pilu penderitaan usai Taliban mengambil alih kekuasaan.

Indonesia yang telah menentukan sikap terkait kondisi di Afghanistan menemui langsung dengan perwakilan Taliban.
 
Pertemuan antara Indonesia dengan Taliban ini digelar di Doha, Qatar pada Kamis 26 Agustus 2021.
 
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menemui perwakilan Taliban di Kantor Politik Taliban.
 
Pertemuan ini bisa terjadi disela-sela kunjungan Menlu Retno ke Qatar yang menemui Wakil Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani. 
 
 
Soal pertemuan dengan Taliban, Menlu Retno membahas sejumlah hal terutama soal masa depan Afghanistan.
 
Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan itu adalah Indonesia meminta Taliban agar tidak menjadikan Afghanistan sebagai sarang teroris.
 
Tak hanya itu saja, Taliban juga diminta agar bisa mendirikan pemerintahan yang inklusif dan di dalamnya bisa menghormati apa yang menjadi hak perempuan.
 
“Saya menyampaikan kepada Taliban pentingnya: pemerintah inklusif di Afghanistan; menghormati hak-hak perempuan; dan memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat berkembang biaknya organisasi dan kegiatan teroris,” kata Menlu Retno melalui akun Twitternya.
 
Sementara itu dilaporkan laman resmi NU, Kegiatan Menlu Retno yang berkunjung menemui Taliban di Doha itu, disambut baik oleh Wakil Kepala Staf Kantor Politik Taliban Mohammad Abbas Stanikzai. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kantor Politik Imarah Afghanistan, Dr M Naeem melalui akun twitternya @leaOffice.
 
 
Disampaikan Naeem, pertemuan dengan Menlu Retno itu di antaranya membahas keselamatan diplomat Indonesia di Kabul, ibu kota Afghanistan, serta masa depan hubungan bilateral antara kedua negara.
 
 “Delegasi Indonesia berterima kasih kepada Imarah Islam atas keselamatan para diplomatnya,” tulis Naeem.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x