1 Yen Jepang Berapa Rupiah? Sejarah, dan Cerita Lain tentang Mata Uang Jepang

- 9 Februari 2022, 08:00 WIB
1 Yen Jepan Berapa Rupiah? Dan Cerita Lain tentang Mata Uang Jepan yang Tidak Memilih Gambar Politisi
1 Yen Jepan Berapa Rupiah? Dan Cerita Lain tentang Mata Uang Jepan yang Tidak Memilih Gambar Politisi /

JAKSELNEWS. COM - Berapa banyak Yen Jepang adalah Rupiah indonesia? Berdasarkan convertworld.com  satu  Yen Jepang atau JPY adalah 125,2601 IDR dan satu IDR adalah 0,0080 JPY. Informasi ini terakhir diperbarui pada 8 Februari 2022 00.05 CET.

Sedangkan id.exchange-rates.org per 8 Februari 2022 menulis kurs 1 Yen Jepang = 124,91 Rupiah Indonesia. Jika 100 Yen Jepang = 12.491,26 Rupiah

Dalam perdagangan mata uang asing (forex), yen Jepang merupakan salah satu dari mata uang paling banyak digunakan di dunia bersama dolar Amerika, euro Uni Eropa, dan pound sterling Inggris.

Dikutip dari Uang Indonesia, disebutkan bahwa Mata uang Yen digunakan Jepang  sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka peraturan pemerintahan tentang mata uang baru. Namun menjadi yen berdasarkan romaji atau alihaksara pada zaman Keshogunan Tokugawa.

Baca Juga: Tanggapi Jenderal Dudung, Menteri Agama: Doa Bahasa Indonesia Tidak Masalah

Mata uang ini menggunakan simbol ¥  yang dikenal secara Internasional.  Tetapi, bidang ekonomi, bisnis, dan perbankan lintas negara saat ini lebih suka menggunakan sistem kode ISO 4217 untuk mendefinisikan mata uang negara-negara di dunia. Yntuk yen Jepang sendiri kode ISO 4217-nya adalah JPY

Kode ini dipilih untuk menggantikan simbol atau lambang uang dikarenakan lebih singkat, gampang, dan bisa mengatasi kekeliruan bila terdapat lebih dari satu tanda mata uang yang kebetulan sama.

Dua huruf pertama, JP, merupakan singkatan Jepang dan juga ranah internet untuk negara dengan lagu kebangsaan Kimigayo ini. Sedangkan huruf terakhir atau ketiga, Y, iyalah inisial dari Yen.

Sebagaimana mata uang banyak negara, Denominasi mata uang Jepang Yen dibagi menjadi dua bentuk, yaitu kertas dan logam. Pencetakan, penerbitan, pengedaran, dan pencabutan mata uang ini diatur Bank of Japan sebagai bank sentral.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x