1 Dolar Australia Berapa Rupiah? Sejarah, Tokoh serta Fakta Mengenai Mata Uang Australia

- 11 Februari 2022, 07:55 WIB
Dolar Australia
Dolar Australia /https://pixabay.com/id/photos/australia-dolar-uang-mata-uang-2874029/

JAKSELNEWS.COM - Negara Australia merupakan  sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Nama mata uang Australia yakni dolar Australia.

Negeri Kanguru tersebut ternyata memiliki beragam wisata yang sangat memanjakan mata. Salah satunya yakni Pulau Fraser. Terletak di Queensland, pulau ini terdaftar sebagai salah satu warisan dunia, serta merupakan pulau pasir terbesar di dunia.

Selain itu juga ada Sydney Opera House yang sudah dianggap sebagai salah satu karya terbaik arsitek Jorn Utzon. Setiap tahunnya Sydney Opera House adalah tuan rumah dari 1.500 pertunjukan menarik lho.

Jika kamu ingin mengunjungi negara Australia, tentu kamu harus memiliki mata uang yang berlaku di negara tersebut untuk memudahkan ketika bertransaksi. Seperti yang dikatakan tadi bahwa mata uang negara Australia yakni dolar Australia. Sebelum itu kenali dulu 1 dolar Australia berapa Rupiah?.

Baca Juga: 1 Dolar Kanada Berapa Rupiah? Yuk Simak Penjelasan Mengenai Mata Uang Kanada Tersebut!

Mata uang Australia

Mata uang Australia yakni dolar Australia (AUD). Meski namanya dolar, nama mata uang dolar sendiri sebenarnya tidak hanya digunakan di negara Australia. Melainkan juga di negara-negara lain, seperti Brunei Darussalam, Hongkong, Taiwan, Kanada, Singapura, Selandia Baru, dan Suriname.

Sistem kode ISO 4217 bisa mendefinisikan nama mata uang hanya dengan 3 huruf kapital saja. Dan untuk dolar dari Negeri Kanguru iyalah AUD.

Reserve Bank of Australia adalah Lembaga yang mencetak dan mengatur penggunaan mata uang Australia ini. Penukaran mata uang tersedia di bank, hotel, dan bandara internasional. 

Bank Australia menawarkan layanan yang sama seperti bank di negara barat lainnya, seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar luas, meskipun fasilitas yang tersedia di pelosok dan pedalaman mungkin terbatas. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x