Uji Vaksin Corona ke Manusia Sukses, Pandemik Covid-19 Segera Berakhir?

- 16 Juli 2020, 20:29 WIB
Ilustrasi vaksin corona atau Covid-19. (pixabay) /Ardi Soedirjo/

 

Amerika Serikat mengklaim uji vaksin Covid-19">Covid-19 ke manusia berhasil. Vaksin buatan Perusahaan Moderna Inc diklaim aman dan sukses menghasilkan kekebalan tubuh 45 relawan yang menjalani uji vaksin Covid-19">Covid-19 tersebut.

Vaksin Covid-19">Covid-19 buatan Moderna diberi nama mRNA-1273. Vaksin tersebut menggunakan asam ribonukleat (RNA), yang dapat memicu protein dalam tubuh manusia.

Dikutip dari scmp berdasarkan laporan New England Journal of Medicine pada Kamis 16 Juli 2020, vaksin mRNA-1273 berhasil mengintruksikan sel tubuh manusia untuk menghasilkan protein untuk meniru permukaan luar virus corona, ketika disuntikan ke tubuh manusia. 

Lembaga tersebut juga merilis bahwa pihaknya menggunakan tiga dosis vaksin berbeda yakni dosis 25 mikrogram, dosis 100 mikrogram dan dosis 250 mikrogram, yang diuji kepada kelompok relawan  berusia 18-55 tahun, selama 28 hari.

Hasilnya, relawan yang mendapatkan dua dosis vaksin memiliki antibodi untuk membunuh virus corona.

Pada hasil uji coba juga turut dilaporkan tidak ada efek samping serius. Sejumlah relawan hanya melaporkan efek samping ringan hingga sedang, di antaranya kedinginan, sakit kepala, nyeri otot dan kelelahan.

Diduga efek samping tersebut muncul dari relawan yang mendapat suntikan dengan dosis tinggi.

Direktur Penyakit Menular Nasional Amerika Serikat, Anthony Fauci menyambut gembira hasil uji coba vaksin Covid-19">Covid-19.

Halaman:

Editor: Ardi Soedirjo

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X