Pertemuan Menkes AS Dengan Presiden Taiwan Bikin Tiongkok Geregetan

- 10 Agustus 2020, 15:04 WIB
Menkes AS Alex Azar dan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen. (AFP/Pei Chen/Pool)
Menkes AS Alex Azar dan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen. (AFP/Pei Chen/Pool) /AFP/Pei Chen/Pool



JAKSELNEWS.COM -
Menteri Kesehatan AS, Alex Azar tiba di Taipei, pada Minggu, 9 Agustus 2020 guna menemui Presiden Taiwan, Tsai-Ing Wen. Pertemuan itu diadakan untuk membahas penanganan pandemi virus corona. Tak ayal kunjungan ini membuat Tiongkok semakin meradang bahkan mengutuk pertemuan tersebut.

Berlangsung selama tiga hari, kunjungan Azar ini bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi bersama dan membahas keberhasilan Taiwan meredam penyebaran virus corona.

Tiongkok menyebutkan, kunjungan ini merupakan ancaman ‘perdamaian dan stabilitas’. Pasalnya, Tiongkok menganggap bahwa Taiwan adalah wilayahnya sendiri dan hendak merebutnya di waktu yang akan datang.

Selain itu, kunjungan ini juga dilakukan tepat ketika hubungan AS-Tiongkok sedang panas-panasnya. Kedua negara berselisih dalam berbagai bidang mulai dari perdagangan, militer dan keamanan, hingga pandemi Covid-19.

Dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-rakyat.com berjudul Menkes AS Temui Presiden Taiwan, Buat Tiongkok Makin Meradang, Azar menemui Presiden Tsai-Ing Wen pada Senin pagi ini, 10 Agustus 2020. Azar mendukung agar pulau Taiwan itu diakui sebagai negara yang berdaulat.

"Respon Taiwan terhadap Covid-19 menjadi salah satu yang paling sukses di dunia, dan itu merupakan penghargaan atas sifat terbuka, transparan, demokratis dari masyarakat dan budaya Taiwan," ucap Azar kepada Tsai.

Di sisi lain, Tsai berterimakasih pada AS karena membantu negaranya untuk menjadi bagian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sebelumnya telah dibekukan oleh Tiongkok.

"Pertimbangan politik tidak boleh didahulukan daripada hak atas kesehatan," ungkap Tsai.

Tsai menyebutkan penolakan Tiongkok untuk mengizinkan Taiwan bergabung ‘sangat disesalkan’.

Sebelum bertemu dengan Tsai, Azar membantah kritikan Tiongkok saat ditanya mengenai kemarahan Negeri Tirai Bambu atas kunjungannya tersebut.

"Pesan yang saya bawa dari pemerintah AS adalah salah satu penegasan kembali kemitraan mendalam yang dimiliki Amerika Serikat dengan Taiwan dalam hal keamanan, perdagangan, perawatan kesehatan, dan nilai-nilai demokrasi yang sama, kebebasan ekonomi dan kebebasan," ujar Azar kepada wartawan.

Sebelumnya, Azar telah mengkritik kebijakan Tiongkok atas penanganan virus corona yang bermula di Wuhan.

Sementara itu, Taiwan terbukti sukses meredam virus corona berkat program pelacakan serta kontrol perbatasan negara yang dilakukan dengan baik dan tegas.

Hubungan Taiwan dengan AS kini mulai menghangat di bawah Presiden Trump. Kedua belah pihak juga telah menyetujui beberapa penjualan militer besar, termasuk jet tempur F-16.***

Editor: Setiawan R.
Sumber: Pikiran-rakyat.com/ Julkifli Sinuhaji

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x