Kasus Covid-19 Capai 20 Juta di Seluruh Dunia, WHO Tegaskan Untuk Tetap Optimis

- 11 Agustus 2020, 15:28 WIB
Covid-19
Covid-19 /

Jakselnews.com - Hari ini total kasus Covid-19 di seluruh dunia resmi tembus 20 juta kasus. Angka ini merupakan total kasus Covid-19 setelah diumumkannya sebagai pandemi global sejak lima bulan lalu.

Dilansir dari The Guardian, kasus global Covid-19 mencapai 1 juta kasus sejak awal April. Jumlah ini terus melonjak hingga 5 juta kasus di akhir Mei dan berganda hingga 10 juta kasus pada akhir Juni. Kini, kasus Covid-19 tercatat melebihi angka 20 juta dengan 12,2 juta orang berhasil sembuh, sementara 735.000 lainnya meninggal akibat virus ini. Namun Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan agar masyarakat tidak berputus asa.

“Masih ada tunas-tunas harapan… Tidak pernah terlambat untuk membalikkan keadaan wabah,” ungkap Tedros.

Baca juga: Gol Semata Wayang Fernandes Bawa Manchester United Melaju ke Semifinal

Tedros mencontohkan beberapa negara yang berhasil meredam penyebaran virus. Ia menyebutkan New Zealand dan Rwanda yang mampu merespons lonjakan-lonjakan virus dengan cepat.

“Pesan saya sangat jelas: tekan, tekan, dan tekan virusnya.. jika kita berhasil menekan virus dengan efektif, kita dapat membuka masyarakat dengan aman,” tegas Tedros.

Pembuatan vaksin kini menjadi harapan bagi negara-negara di seluruh dunia. Laporan dari WHO menyebutkan sudah ada 165 calon vaksin yang sedang diuji di berbagai negara. Enam diantaranya telah memasuki fase ketiga -percobaan besar pada populasi manusia- evaluasi klinis.

Baca juga: Misteri Kapal Pesiar Membeku di Antartika, dari Gambar Google Earth Hingga Teori Konspirasi


Namun Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan memperingatkan bahwa pembuatan vaksin hanya ‘salah satu jawaban’. Ini mengingatkan pada penyakit polio dan campak yang tidak bisa dihapuskan sepenuhnya meski sudah ditemukan vaksin.

“Anda harus bisa memberikan vaksin itu kepada populasi yang membutuhkan dan menuntut untuk memiliki vaksin itu,” ungkapnya.***

Editor: Husain F.P

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x