Sembuh dari Covid-19, AS Siapkan 1 Juta Obat yang Dipakai Donald Trump untuk Publik

- 12 Oktober 2020, 08:56 WIB
ilustrasi vaksin Covid-19
ilustrasi vaksin Covid-19 /Pikiran-rakyat.com

JAKSELNEWS.COM - Belum genap dua pekan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diyakini positif Covid-19, dirinya sudah melakukan kampanye dari balkon Gedung Putih pada Sabtu (10/10) lalu. Publik bertanya-tanya akan obat apa yang dikonsumsi oleh pemimpin negeri Paman Sam itu.

Kabarnya, pemerintah Amerika Serikat akan menyediakan satu juta dosis antibodi Covid-19 buatan Regeneron yang dikonsumsi oleh Donald Trump tersebut. Hal itu bertujuan untuk mengobati pasien positif Covid-19 yang ada di AS.

Mengutip laman Reuters, pejabat pemerintahan di AS telah mengamankan ratusan ribu dosis obat antibodi monoklonal yang dikembangkan oleh Regeneron Pharmaceuticals Inc and Eli Lilly & Co, U.S. "Akan ada satu juta dosis sampai akhir tahun ini," kata sumber tersebut.

Trump juga akan memastikan bahwa obat tersebut mendapatkan izin pakai secepatnya. Ia mengaku tidak akan bisa cepat pulih tanpa infus dari antibodi itu.

Regeneron Pharmaceuticals Inc and Eli Lilly & Co, U.S mengklaim obat itu efektif menyembuhkan COVID-19 dalam uji klinis yang telah mereka lakukan. Perusahaan tersebut juga sudah mengajukan izin penggunaan darurat ke Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan AS (FDA).

Meski demikian, dua obat yang dikembangan dari dua perusahaan tersebut tidaklah sama. Regeneron membuat campuran dua antibodi yang bertujuan melindungi tubuh dari virus, sementara Eli Lilly & Co membuat obat berbahan dasar satu jenis antibodi.

Khasiat dari keduanya pun belum bisa dipastikan karena tidak ada penelitian khususnya. Publik pun semakin bertanya-tanya bagaimana FDA mengurus perizinan kedua obat itu. Dokter tidak akan memberikan obat tersebut kepada pasien selama FDA belum mengeluarkan izin. Untuk sementara obat akan diberikan kepada pasien uji klinis, atau pasien dalam kondisi kritis. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x