Rusia Beberkan Kemungkinan Aliansi Militer dengan Tiongkok, Putin: Anda Bisa Bayangkan

- 26 Oktober 2020, 16:42 WIB
Vladimir Putin
Vladimir Putin /Foto: Instagram @leadervladimirputin

JAKSELNEWS.COM - Gabungan aliansi militer antara Rusia dan Tiongkok diperkirakan dapat menandingi kekuatan militer Amerika Serikat. Isyarat akan adanya kemungkinan aliansi tersebut ditunjukkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Jika aliansi militer gabungan ini bisa terwujud, maka jumlah angkatan darat yang dimiliki bisa melebihi AS. Selain itu, tank, kapal perang dan nuklir yang dimiliki aliansi kedua negara ini juga bisa tiga kali lipat lebih banyak.

Kemungkinan aliansi militer ini mungkin saja benar-benar terbentuk mengingat hubungan Rusia dan Tiongkok cukup tegang dengan AS.

Rusia baru-baru saja diduga melakukan intervensi terhadap Pemilu AS pada November mendatang. Sementara hubungan Tiongkok dengan AS semakin memanas sejak pandemi Covid-19 merebak.

Presiden Vladimir Putin sendiri menyampaikan kemungkinan tersebut dalam konferensi Kamis, 22 Oktober 2020 kemarin.

"Anda bisa membayangkan semuanya," jawab Putin ketika ditanya selama diskusi di Valdai Discussion Club terkait aliansi militer antara Tiongkok dan Rusia, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Express dalam artikel Vladimir Putin Isyaratkan Militer Rusia dan Tiongkok Dapat Bergabung Jadi Lebih Kuat Daripada AS.

"Kami selalu berasumsi bahwa hubungan kami telah mencapai tingkat interaksi dan kepercayaan sedemikian rupa sehingga kami tidak membutuhkannya, tetapi secara teoritis sangat mungkin untuk membayangkan hal seperti itu," tambahnya.

Selain itu, Putin juga menegaskan pihak Rusia telah mencapai hubungan yang baik dalam bidang militer-teknis dengan Tiongkok.

"Ini bukan hanya tentang pertukaran produk atau pembelian dan penjualan produk militer, tetapi tentang pertukaran teknologi. Ada hal yang sangat sensitif di sini," kata Putin.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x