Gawat! Tiongkok Dituduh Langgar Batas Wilayah India, Konflik Semakin Memanas

- 30 Oktober 2020, 17:45 WIB
Konflik India-Tiongkok masih terus memanas.
Konflik India-Tiongkok masih terus memanas. / Pixabay

JAKSELNEWS.COM -  Ketegangan antara Tiongkok dan India semakin memanas. Hal ini dipicu oleh dugaan pejabat India, Chhewang mengenai pasukan Tiongkok yang melintasi serta menduduki perbatasan wilayah India.

Sebelumnya, konflik antar dua negara ini dimulai sejak 15 Juni 2020 ketika tentara Tiongkok dan India bentrok hingga menewaskan 20 tentara India.

Bentrokan itu membuat Gujarat marah dan meramaikan seruan anti-Beijing. India bahkan telah menjalin hubungan keamanan dengan AS, Jepang, dan Australia.

Kini, Chhewang menyebut bahwa beberapa tentara Tiongkok telah merebut wilayah India. Mantan anggota parlemen BJP India tersebut juga menandaskan bahwa perbatasan India saat ini dalam situasi kritis.

“Pasukan Tiongkok tidak hanya semakin melenceng ke wilayah kami tetapi mereka juga menduduki posisi penting di area Finger 2 and Pangong Tso 3, bahkan area Gogra-Hot Springs belum sepenuhnya mereka kosongkan," kata Chhewang, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Express dalam artikel Dikhawatirkan Picu Perang Dunia III, Pasukan Tiongkok Dituduh Duduki Wilayah India.

Chhewang pun menyebut beberapa warga India juga mengetahui hal tersebut. Laporan dari The Hindu mengatakan bahwa tentara Tiongkok sudah melampaui wilayah yang diklaim India sejauh 8 KM.

Lebih lanjut, The Hindu menyatakan bahwa terdapat pembangunan militer Tiongkok di kawasan Depsang, tepi selatan Pangong Tso, Galwan dan Gogra-Hot Springs.

Selain itu, Chhewang juga memprihatinkan tentara India yang bersiaga di tenda di daerah yang sangat dingin.

“Para prajurit ditempatkan di tenda, ini tidak bisa diterima. Meskipun ada beberapa negosiasi, pemerintah tidak dapat meyakinkan Tiongkok untuk mundur, maka tempat berlindung yang memadai harus disediakan bagi para prajurit," kata dia.***(Julkifli Sinuhaji/Pikiran Rakyat)

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x