Belasan Orang Tewas dan Ratusan Luka-Luka Akibat Gempa Bumi dan Tsunami di Turki

- 31 Oktober 2020, 08:25 WIB
Kerusakan akibat gempa bumi di Turki.
Kerusakan akibat gempa bumi di Turki. /Twitter/@gyulsimofficial

JAKSELNEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter mengguncang daerah Izmir, Turki pada Jumat (30/10). Setelah gempa selesai, muncul tsunami kecil di kota Serinhisar, yang berada di barat daya Izmir.

Mengutip laman Reuters, akibat gempa dan tsunami kecil ini telah menewaskan belasan orang dan ratusan orang luka-luka. Gempa berkekuatan besar tersebut menyebabkan bangunan rusak parah. Seorang saksi mata mengatakan puluhan orang di Izmir berlarian ke jalan karena panik.

Menurut Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) sedikitnya ada 19 orang tewas. Sementara sekitar 709 orang mengalami luka-luka baik ringan maupun berat akibat bencana alam tersebut. Sedangkan di Pulau Samos Yunani, dua remaja ditemukan tewas tertimpa reruntuhan tembok.

Pejabat setempat kini telah mendirikan tenda darurat sebagai posko pengungsian bagi korban yang kehilangan tempat tinggal mereka. Operasi pencarian korban juga masih berlangsung hingga saat ini.

Gempa bumi yang berlangsung selama 30 detik tersebut dirasakan hingga ke Istanbul yang diketahui memiliki jarak sekitar 400 km dari lokasi kejadian. Selain Izmir, kota lain yang terdampak adalah Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin, dan Muğla.

Berdasarkan data, sebanyak 98 WNI tinggal di Izmir dan daerah sekitar yang terdampak. Namun hingga saat ini belum diperoleh informasi apakah WNI yang ada disana terdampak langsung atau tidak. Pihak KBRI di Ankara masih terus berkoordinasi untuk mengetahui nasib puluhan WNI yang berada di lokasi kejadian bencana. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x