Ingin Donor Darah di PMI Jakarta Selatan? Cari Tahu Syaratnya Disini

- 28 Februari 2022, 10:50 WIB
Ilustrasi donor darah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan donor darah dalam rangka Hari Palang Merah Indonesia.
Ilustrasi donor darah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan donor darah dalam rangka Hari Palang Merah Indonesia. /Ahmadardity/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Tahukah kamu jika setiap tanggal 17 September selalu diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia?. PMI Jakarta Selatan seringkali mengadakan agenda donor darah di beberapa lokasi. 

Tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk melakukan kegiatan donor darah yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

PMI bertugas memberikan bantuan dan layanan pada masyarakat korban konflik, bencana, krisis kesehatan, mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hukum humaniter internasional. 

Sebelum melakukan pendonoran, masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya diminta untuk mengetahui dan menjalani beberapa syaratnya.

Baca Juga: Ini Layanan yang Disediakan Disdukcapil Jakarta Selatan, Yuk Simak!

Simak beberapa syarat yang harus kamu jalani sebelum melakukan donor darah.

1.Dalam Keadaan Sehat Jasmani dan Rohani

Kamu harus berada di kondisi yang sehat jika kamu ingin mendonorkan darah. Tidak dalam keadaan menderita penyakit jantung, kanker, hipertensi, diabetes mellitus, hepatitis B atau C, HIV / AIDS, penyakit sifilis, memakai narkoba, memakai alkohol, epilepsi, dan pendarahan yang tidak normal.

2.Sudah Cukup Umur dan Berat Badan Sesuai

PMI Jakarta Selatan memiliki peraturan mengenai batas usia untuk para pendonor, diantaranya para pendonor harus berusia 17 tahun hingga 65 tahun. Di luar batas usia tersebut PMI tidak memperbolehkan untuk mendonor darah. Untuk melakukan pendonoran darah kamu harus memiliki berat badan minimal 45 kilogram.

3.Tekanan Darah dan Kadar Hemoglobin Sesuai

Sebelum melakukan donor darah tekanan darah sistolik kamu harus mencapai batas minimal yaitu 100-170, dan tekanan darah diastolik 70-100. Sedangkan kadar hemoglobin berkisar antara 12,5 g/dl sampai 17 g/dl.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Hello Sehat utdp-pmi.or.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x