3 Perpustakaan di Jaksel Berikut Cocok untuk Membaca Buku atau Kegiatan Produktif Lainnya

- 12 November 2020, 10:37 WIB
ILUSTRASI// Membaca Buku
ILUSTRASI// Membaca Buku /unsplash @prisilliaduperez)/

JAKSELNEWS.COM - Membaca buku tidak hanya memberikan banyak pengetahuan baru untuk Anda, tetapi juga dapat menjadi stimulan yang baik bagi mental Anda. Dengan membaca buku, Anda menstimulasi otak untuk tetap aktif sehingga mencegah otak kehilangan kekuatannya yang dapat meningkatkan risiko Demensia maupun Alzheimer.

Bosan beraktivitas di rumah? Anda mungkin perlu sesekali mengunjungi tiga perpustakaan di Jakarta Selatan berikut ini untuk membaca. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan suasana tenang di perpustakaan di Jakarta Selatan untuk kegiatan produktif Anda lainnya. Lingkungan yang nyaman ternyata memberikan dampak langsung yang luar biasa bagi produktivitas. Berada di tempat yang tenang seperti perpustakaan mungkin merupakan salah satu lingkungan yang nyaman untuk mendukung produktivitas Anda, baik soal pekerjaan maupun tugas Anda. Nah, berikut tiga perpustakaan di Jakarta Selatan yang dapat menjadi tempat memulai kegiatan produktif Anda. 

1. Freedom Institute 

Perpustakaan satu ini terletak di Wisma Bakrie, Jalan H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Freedom Institute sudah hadir sejak tahun 2001 loh. Meskipun berada di Wisma Bakrie, perpustakaan ini milik LSM Freedom Institute. Sampai Februari 2020, koleksi buku yang ada di Freedom Institute sudah mencapai 14.000 buku. Anda dapat mengunjungi Freedom Institute pada hari Senin-Jumat pada pukul 09.00 - 17.00 WIB. Anda hanya perlu mengisi nomor telepon dan nomor KTP sebagai persyaratan untuk membuat kartu anggota secara gratis. Fasilitas yang ada di Freedom Institute cukup lengkap, termasuk adanya meja dan kursi kayu panjang serta meja berbilik atau sofa untuk perorangan. Anda juga dapat mengakses internet menggunakan WiFi yang ada di perpustakaan ini. 

2. The Erasmus Huis 

Erasmus Huis merupakan pusat kebudayaan Belanda di Indonesia yang terletak di kawasan Kedutaan Besar Belanda, Kav S-Setiabudi, Jalan H.R Rasuna Said Blok C No.3, Kuningan, Jakarta Selatan. Tentu Anda dapat menemukan banyak literatur berbahasa Belanda, buku sejarah Indonesia, Belanda, maupun buku dengan bahasan kebudayaan Belanda maupun Indonesia. Anda dapat mengunjungi Erasmus Huis dari pukul 09.00 - 12.00 WIB pada hari Senin dan hingga pukul 16.00 WIB pada hari Selasa hingga Sabtu. Erasmus Huis menjadi salah satu perpustakaan dengan konsep modern, terbuka, dan menjadi tempat yang nyaman untuk membaca, bekerja, maupun saling bertukar ide dalam tugas dan pekerjaan Anda. 

3. Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta - Kuningan

Perpustakaan di Jakarta Selatan yang juga dapat Anda kunjungi yaitu Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang terletak di dalam Gedung Nyi Ageng Serang lantai 7 dan 8. Perpustakaan ini dikelola oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta yagn terdiri dari koleksi umum, buku fiksi dan non-fiksi, koleksi referensi, buku-buku rujukan, majalah, bibliografi daerah, surat kabar, termasuk koleksi sejarah dan budaya dalam bentuk CD, VCD, dan DVD. Anda dapat mengunjungi perpustakaan ini pada hari Senin-Minggu pukul 09.00 - 20.00 WIB. Di lantai 7, terdapat kawasan bermain dan belajar anak-anak. 

Saat Anda mengunjungi perpustakaan di Jakarta Selatan, tentunya selalu patuhi protokol kesehatan dan bawa selalu perlengkapan pribadi Anda seperti alat tulis, buku catatan, maupun tumbler dengan tetap menyesuaikan peraturan yang berlaku di perpustakaan.***

 

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x