Wacana Reshuffle Kabinet, Ini Profil Kandidat Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

- 22 Desember 2020, 09:23 WIB
Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin. (Dok. BNPB Indonesia)
Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin. (Dok. BNPB Indonesia) /Dok. BNPB Indonesia

JAKSELNEWS.COM - Beredar isu bahwa akan terjadinya rombak kabinet setelah ada kasus korupsi yang menimpa dua menteri.

Sejumlah nama baru diprediksi akan masuk ke jajaran kementerian dan menduduki jabatan yang kosong, yaitu posisi Menteri Sosial, yang sebelumnya diisi oleh Juliari P. Batubara, serta posisi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang sebelumnya diisi oleh Edhy Prabowo.

Sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran Rakyat yang berjudul Profil Budi Gunadi Sadikin, Kandidat Menteri Kesehatan dalam Wacana Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi juga dikabarkan akan mengganti posisi menteri yang kinerjanya dinilai kurang memuaskan dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu menteri yang disorot publik karena dinilai kurang tanggap menangani Covid-19 di Indonesia adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Kepastian reshuffle ini merupakan hak prerogatif Presiden, kita hanya bisa menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

Berikut profil Budi Gunadi Sadikin yang digadang-gadang menjadi kandidat Menteri Kesehatan yang baru.

Budi Gunadi Sadikin, lahir pada tanggal 6 Mei 1964. Ia merupakan Wakil Menteri BUMN I sejak tanggal 25 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 72/M Tahun 2019 tanggal 25 Oktober 2019.

Ia meraih gelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988 dan meraih sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultat (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I, ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (2013-2016).

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x