Jokowi Tunjuk Mantan Ajudan Jadi Calon Kapolri Tunggal

- 13 Januari 2021, 14:36 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Jokowi untuk menggantikan Kapolri Jendral Idham Azis.
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Jokowi untuk menggantikan Kapolri Jendral Idham Azis. /Twitter/

JAKSELNEWS.COM - Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri. Listyo bakal menggantikan posisi Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan segera memasuki masa pensiun.

Hal itu diketahui berdasar Surat Presiden (Surpres) yang diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke pimpinan DPR RI, pada Rabu (13/1/2021) hari ini.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut Jokowi menunjuk Listyo sebagai calon tunggal Kapolri. Listyo sendiri diketahui merupakan mantan ajudan Jokowi.

"Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim," kata Puan kepada wartawan di DPR RI, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Terungkap! Habib Rizieq Ternyata Sempat Positif Covid-19

Puan menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti Surpres tersebut. Rencananya, pada pekan depan pihaknya akan melakukan fit and proper test terhadap Listyo selaku calon Kapolri.

Sementara itu, Puan menyebut DPR RI memiliki waktu sekitar 20 hari untuk menjalankan mekanisme pengambilan persetujuan calon Kapolri.

"Artinya tanggal 1 Februari 2021 akan ada kapolri baru yang akan mengemban jabatannya," pungkasnya. 

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x