Ditunjuk Jokowi Jadi Calon Tunggal Kapolri, Begini Respons Komjen Pol Listyo

- 13 Januari 2021, 23:54 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. /ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.
 
JAKSELNEWS.COM - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap dirinya yang baru saja ditunjuk sebagai calon tunggal Kapolri. Dia pun meminta doa agar dilancarkan saat menjalani fit and proper test di DPR RI.

"Terimakasih atas dukungan dan supportnya. Mohon doanya agar bisa melaksanakan rangkaian fit and proper dengan baik," kata Listyo kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Listyo sebelumnya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri. Listyo bakal menggantikan posisi Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan segera memasuki masa pensiun.

 
 
Hal itu diketahui berdasar Surat Presiden (Surpres) yang diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke pimpinan DPR RI, pada Rabu (13/1/2021) hari ini.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut Jokowi menunjuk Listyo sebagai calon tunggal Kapolri. Listyo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim memang dikenal sebagai orang dekat Jokowi mengingat pernah menjadi ajudannya.

"Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim," kata Puan kepada wartawan di DPR RI, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Puan menyampaikan bahwa pihaknya berencana segera menindaklanjuti Surpres tersebut. Pada pekan depan DPR RI dijadwalkan akan melakukan fit and proper test terhadap Listyo.

Menurut Puan, DPR RI memiliki waktu sekitar 20 hari untuk menjalankan mekanisme pengambilan persetujuan calon Kapolri.

"Artinya tanggal 1 Februari 2021 akan ada kapolri baru yang akan mengemban jabatannya," pungkasnya.

Editor: Husain F.P


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X