Alat Uji Resmi Covid-19, Gubernur Ganjar Pranowo Usulkan Pakai GeNose C19

- 26 Januari 2021, 11:01 WIB
Ganjar Pranowo Usulkan GeNose Jadi Alat Tracing Covid-19
Ganjar Pranowo Usulkan GeNose Jadi Alat Tracing Covid-19 /Pemprov Humas Jateng

JAKSELNEWS.COM - Alat uji pendeteksi Covid-19 yang bernama GeNose C19 mendapat respon baik dari pemerintah. Alat ini merupakan buatan Tim Universitas Gadjah Mada (UGM).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menggunakan alat pendeteksi Covid-19, yakni GeNose C19 itu sebagai alat uji resmi di Indonesia.

Selain Ganjar Pranowo, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggunakan GeNose C19 sebagai alat uji resmi Covid-19 bagi penumpang kereta api dan penumpang angkutan umum bus di terminal. 

Baca Juga: Baking Soda, Dapat Bersihkan Noda hingga Bau dalam Kulkas

Kemenhub telah memesan 200 buah GeNose C19 yang akan digunakan di 44 titik stasiun di Jawa dan Sumatera, serta beberapa lokasi terminal mulai 5 Februari 2021.

Sebagaimana diberitakan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel Ganjar Pranowo Usulkan GeNose C19 Jadi Alat Uji Resmi Covid-19, Kemenhub Pesan 200 Unit Disebar di 44 Titik, "Saya kira bagus, kalau itu bisa dilakukan di seluruh instansi publik yang lain, tentu akan sangat membantu untuk bisa lebih cepat mengetes dan melakukan tindakannya," kata Ganjar ditemui usai memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantornya, Senin, 25 Januari 2021.

Ganjar Pranowo berharap alat uji Covid-19 GeNose dapat digunakan di banyak tempat untuk meningkatkan pengujian dan mendeteksi Covid-19. Misalnya di puskesmas atau tempat layanan publik.

Baca Juga: Cegah Persebaran Virus Corona, PT KAI akan Gunakan GeNose C19

"Di Perhubungan itu penting, pasar saya kira penting juga, termasuk mall dan lainnya, sehingga orang yang masuk benar-benar aman. Suka tidak suka, harus ada memang cara menjaga preventifnya bisa berjalan," ucap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x