Menparekraf Sandiaga Uno Andalkan Program Unggulan Percepat Pemulihan Sektor Parekraf

- 22 Maret 2021, 18:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan konferensi pers mingguan di Gedung Sapta Pesona
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan konferensi pers mingguan di Gedung Sapta Pesona /Dok: Kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengandalkan sejumlah program unggulan untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascaprogram vaksinasi nasional dimulai.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, ada beberapa program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mulai dari adaptasi teknologi hingga pengembangan desa wisata di tanah air.

Terlebih saat pandemi banyak bermunculan para pelaku parekraf yang beradaptasi dengan teknologi. Pemerintah melalui Bank Indonesia sudah meluncurkan QRIS sebagai platform pembayaran bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bersama dan juga penerapan Go Mandalika yaitu platform e-tourism di NTB.

Baca Juga: Sandiaga Uno Resmikan QRIS untuk Segmen Wisata Olahraga Golf

"Saat pandemi seperti ini terdapat peluang terbuka yang berkaitan dengan teknologi dan ekonomi digital yang akan ditindaklanjuti sehingga semakin banyak pelaku parekraf yang beradaptasi yang mengaplikasikan ekonomi digital," ujarnya.

Menparekraf Sandiaga juga menjelaskan, pengembangan desa wisata yang menjadi salah satu program unggulan Kemenparekraf diharapkan menjadi lokomotif penggerak untuk pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Program unggulan kita, yang diharapkan bisa menyentuh masyarakat di seluruh nusantara yaitu pengembangan 244 desa wisata yang kita targetkan hingga 2024 menjadi desa wisata mandiri, saya melihat desa wisata ini membangkitkan satu pariwisata di era baru," ujarnya.

Menparekraf memgimbau secara tegas jika sektor parekraf bukan bagian dari masalah tetapi, pariwisata dan ekonomi kreatif adalah solusi sebagai sektor untuk memulihkan perekonomian di Tanah Air.

"Kita hadirkan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE)
sebagai pedoman dan bagian dari komitmen, bahwa kita adalah bagian dari solusi dan secara tegas saya sampaikan selama kita mau melakukan protokol kesehatan, meningkatkan disiplin, tahapan-tahapan ini bisa dimulai tahun ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x