Sidang Isbat Segera Digelar, Yuk Ketahui Alur Penentuannya

- 11 April 2021, 19:56 WIB
Ilustrasi Ramadhan. /Pixabay/mohamed_hassan/
Ilustrasi Ramadhan. /Pixabay/mohamed_hassan/ /Pixabay

JAKSELNEWS.COM  - Sidang Isbat dilakukan untuk menetapkan tanggal awal dimulainya  bulan suci ramadan di Indonesia. Pada tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) dalam keterangan resminya mengatakan sidang akan berlangsung pada 12 April 2021 di Auditorium H/M. Rasjidi Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Lantas, bagaimana alur hingga Kemenag dapat menetapkan awal puasa bagi umat Islam di Indonesia? Simak tahapannya berikut ini.

Tahap pertama : Sesi pemaparan posisi hilal awal ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan akan disiarkan langsung.

Baca Juga: Bulan Ramadan 2021, DKI Jakarta Perbolehkan Sholat Tarawih di Masjid

Sebelum memasuki tahap ini, Kemenag melakukan pemantauan hilal ramadan 1442 H di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Tahap kedua: sidang isbat awal ramadan akan digelar setelah salat Maghrib. Tahap ini digelar secara tertutup.

Tahap ketiga: Konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama.

Selaras dengan tahun lalu, peserta yang akan hadir dalam sidang isbat secara langsung akan dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan. Lokasi sidang pun akan disemprot lebih dahulu dengan disinfektan. 

Sidang isbat akan disiarkan oleh TVRI sebagai TV Pool, RRI, dan media sosial Kementerian Agama. ***

Editor: Setiawan R

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x