Untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Indonesia, China beri Bantuan untuk Penanganan Covid-19 kepada Indonesia

- 12 Agustus 2021, 13:09 WIB
Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkes Budi Gunawan Sadikin menerima bantuan China berupa alat kesehatan untuk melawan Covid-19 Varian Delta.
Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkes Budi Gunawan Sadikin menerima bantuan China berupa alat kesehatan untuk melawan Covid-19 Varian Delta. /maritim.go.id

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah Republik Rakyat China (RRC) memberikan bantuan penanganan Covid-19 berupa alat-alat kesehatan untuk Indonesia.

Bantuan itu disambut dan diterima langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan, Budi Gunawan Sadikin di kantor Kemenko Marves.
 
Bantuan yang dikirim China itu berupa alat-alat kesehatan yang terdiri dari oksigen konsentrator, oxygen nasal cannulas, ventilator dan oxygen face mask.
 
Pemerintah China menyalurkan bantuan tersebut diwakili oleh Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian dan ditemani juga oleh perwakilan perusahaan Huawei.
 
"Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan terima kasih saya kepada pemerintah RRT, Huawei dan China Eastern Airlines atas bentuk kerja sama serta kooperasi yang diberikan kepada pemerintah Indonesia dan masyarakatnya," ujar Luhut dalam keterangan persnya Rabu (11 Agustus 2021).
 
 
Menkes Budi Gunawan Sadikin juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas bantuan dari pemerintah China untuk Indonesia.
 
Dalam keterangan persnya itu, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan mendukung investasi dari China untuk kedepannya.
 
Investasi yang dimaksud Luhut yakni dalam bidang kesehatan seperti vaksin, pembuatan alat kesehatan serta pembangunan rumah sakit internasional.
 
"Tidak ada satu negara di dunia yang bisa melawan pandemi ini sendirian, kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan untuk dapat melawan wabah ini ke depan," ujar Luhut
 
Menanggapi pernyataan Luhut dan Menkes Budi, Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia juga merupakan perhatian pemerintah China.
 
 
"Pemerintah China dan Indonesia merupakan teman, tetangga, dan juga rekanan yang baik. Dalam menghadapi pandemi, dukungan ini merupakan bukti persahabatan serta solidaritas dari China kepada Indonesia," ujar Xiao Qian.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x