Rumus Luas Persegi Panjang, Pengertian, Sifat-Sifat dan Contoh Soalnya

- 13 Oktober 2021, 14:15 WIB
Contoh soal persegi panjang beserta kelilingnya.
Contoh soal persegi panjang beserta kelilingnya. /PORTAL JEMBER/Ilham Maulana Al-ayubi

JAKSELNEWS.COM - Rumus luas persegi panjang merupakan salah satu rumus matematika dasar yang perlu dikuasai. Lalu apakah kalian masih ingat rumus persegi panjang? 

Persegi panjang merupakan salah satu jenis bangun datar yang mempunyai empat sudut. Materi soal rumus persegi panjang ditemukan hampir diseluruh jenjang pendidikan. Meskipun ini pelajaran dasar matematika, tapi menguasai rumus bangun datar memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. 

Misalnya, saat kita ingin membuat pagar yang mengelilingi halaman rumah yang berbentuk persegi panjang, kita dapat menerapkan konsep keliling persegi panjang. Selain itu kita dapat menentukan luas tanah maupun luas selembar kertas berbentuk persegi panjang dengan menggunakan konsep luas persegi panjang. 

Baca Juga: 1 Won Berapa Rupiah? Berikut Penjelasannya Secara Detail Tentang Mata Uang Korea Selatan Tersebut!

Maka dari itu pada kesempatan ini Jakselnews.com melalui berbagai sumber akan membahas tentang rumus luas persegi panjang termasuk contoh soalnya. 

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menghitung luas persegi panjang. Sebaiknya pahami lebih dulu pengertian dan sifat-sifat persegi panjang. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam menerapkan rumus luasnya dalam mengerjakan soal-soal tentang persegi panjang. 

Perngertian persegi panjang 

Lalu Apa itu persegi panjang? 

Persegi panjang ialah sebuah bangun datar yang mempunyai dua dimensi yang terbentuk oleh dua pasang rusuk dan disetiap rusuknya sama panjang dan juga sejajar sesuai pasangannya, serta memiliki empat buah sudut berbentuk siku-siku. Persegi panjang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan persegi. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x