Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas dan Embusan pada Selasa Pagi

- 7 Desember 2021, 12:07 WIB
Aktivitas vulkanik Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran dan embusan pada Selasa pagi, 7 Desember 2021
Aktivitas vulkanik Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran dan embusan pada Selasa pagi, 7 Desember 2021 /Antara Foto/Seno/

JAKSELNEWS.COM - Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas pada hari Selasa, 7 Desember 2021 pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB.

Aktivitas Gunung Semeru tersebut terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru yang berlokasi di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Petugas PPGA Semeru, Liswanto menjelaskan kondisi dan cuaca yang terjadi di Gunung Semeru.

Baca Juga: Gempa Bumi Bertubi-tubi di Islandia, Kemungkinan Letusan Gunung yang Dahsyat

"Secara visual Gunung Semeru tampak jelas dan asap kawah tidak teramati, kemudian cuaca cerah dan berawan, sedangkan angin bertiup lemah ke arah utara," ujar Liswanto dikutip Jakselnews.com dari Antara pada Selasa, 7 Desember 2021.

Kemudian pada pukul 00.00 - 06.00 WIB, Gunung Semeru tercatat mengeluarkan awan panas guguran sebanyak tiga kali dan embusan sebanyak enam kali dengan status level II atau waspada.

"Awan panas guguran tercatat sebanyak tiga kali kejadian dengan amplitudo 20-22 mm selama 185-267 detik, sedangkan embusan tercatat enam kali kejadian dengan amplitudo 2-6 mm selama 20-55 detik," lanjutnya.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Luncurkan guguran Lava Pijar Sejauh 1 KM

Dengan status waspada tersebut, masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru serta 5 kilometer dari jarak arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan.

Halaman:

Editor: Dwi Novianto


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x