Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 26 Januari 2022, Ini Rencana Pemindahan Penerbangan

- 23 Januari 2022, 14:33 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma
Bandara Halim Perdanakusuma /Indonesia.go.id

JAKSELNEWS.COM - Menyusul penutupan bandara Halim Perdanakusuma akan mulai 26 Januari 2022, PT Angkasa Pura II mulai memindahkan operasional penerbangan. 

Mereka menerapkan skenario perpindahan operasional penerbangan ke lima bandara penerima yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta), dan Bandara Budiarto (Tangerang).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan, skenario perpindahan operasional penerbangan dirumuskan oleh tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) yang dibentuk AP II.

"Tim ORAT bersama stakeholder antara lain Kementerian Perhubungan, Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling telah menyusun skenario perpindahan sejak dua bulan lalu. Selain itu, juga telah dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder guna memuluskan skenario perpindahan operasional yang sudah disetujui seluruh pihak," ujar Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu 23 Januari 2022.

Muhammad Awaluddin menjelaskan, ada 21 operator penerbangan terdiri atas 2 maskapai niaga berjadwal, 17 maskapai niaga tidak berjadwal, dan 2 maskapai kargo, dengan total jumlah armada 67 unit pesawat, ditambah juga 12 unit pesawat militer yang akan berpindah operasional dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima.

Baca Juga: Belum Lahir, Anak Pertama Aurel Hermansyah Sudah Dapat Stroller Bermerek Harga Nyaris Rp 34 Juta

Berikut skenario perpindahan operasional penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma:

1. Perpindahan operasional armada maskapai niaga tidak berjadwal mulai 22 - 25 Januari 2022.

Direktur Layanan dan Operasi AP II Muhamad Wasid mengatakan, maskapai niaga tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dipindah ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe dan Bandara Budiarto.

"Fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara penerima (recipient) dipastikan dapat menangani perpindahan armada, memperhitungkan fasilitas-fasilitas seperti runway, apron dan taxiway," jelasnya.

Untuk pelaksanaan perpindahan operator ground handling direncanakan pada 22 - 24 Januari 2022.

Sedangkan pelaksanaan perpindahan operasional penerbangan militer direncanakan pada 24 - 25 Januari 2022.

Disebutkan, EGM Bandara Halim Perdanakusuma Marsma TNI Nandang Sukarna mengatakan, setidaknya terdapat 3 Skadron Udara (Skadud) yang dipindahkan.

"Skadud 17 pindah ke Bandara Soekarno-Hatta, sementara Skadud 2 dan Skadud 31 ke Bandara Husein Sastranegara," urai dia.

Baca Juga: Sepanjang 2021, Emisi Karbon dari Pembangkit Listrik Dipangkas 10,37 Juta Ton

Kemudian, skenario pelaksanaan perpindahan maskapai niaga berjadwal (Citilink & Batik Air).

Pada 25 Januari 2022 direncanakan keberangkatan Batik Air dan Citilink masih dilakukan dari Bandara Halim

Sementara untuk kedatangan (arrival) sejumlah tujuan ke Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Lalu, skenario ketiga, Bandara Kertajati (Majalengka) dipersiapkan mendukung perpindahan.

Penempatan pesawat kargo, penempatan pesawat RON (Remain Over Night), penerbangan charter, serta kegiatan Touch and Go Military akan dilakukan di Bandara Kertajati.

Baca Juga: 5 Kebijakan Prioritas OJK di 2022, Antara Lain Perlindungan Konsumen dan Kredit UMKM
AP II akan memastikan skenario perpindahan operasional dapat berjalan lancar.

Maskapai diminta turut menginformasikan penumpang mengenai perpindahan operasional dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima.

Kementerian Perhubungan dan TNI AU pada 21 Januari 2022 lalu telah menginformasikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022 dalam rangka revitalisasi sesuai Perpres Nomor 9 Tahun 2022.

Revitalisasi rencananya akan berlangsung tiga setengah bulan.***

Editor: Ariyanti

Sumber: Indonesia.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x