Presiden Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Berpotensi Buka Belasan Ribu Lapangan Kerja

- 24 Januari 2022, 13:02 WIB
Presiden Jokowi Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Berpotensi Buka Belasan Ribu Lapangan Kerja
Presiden Jokowi Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Berpotensi Buka Belasan Ribu Lapangan Kerja /setkab

JAKSELNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo meletakkan batu pertama atau groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter DME di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan  Senin 24 Januari 2022.  

“Ini sudah enam tahun yang lalu saya perintah. Meskipun dalam jangka yang panjang belum bisa dimulai, Alhamdulillah hari ini bisa kita mulai groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi DME,” ujar Presiden.

Jokowi mengatakan hilirisasi industri yang tidak hanya memberikan nilai tambah tetapi juga dapat menekan impor. Saat ini katanya, nilai impor LPG selama ini sangat besar, yaitu sekitar Rp80 triliun dari total kebutuhan yang mencapai sekitar Rp100 triliun per tahun.

Untuk bisa dikonsumsi masyarakat dengan harga yang relatif terjangkau, pemerintah juga memberikan subsidi sebesar Rp60-70 triliun.

“Pertanyaan saya, apakah ini mau kita terus-teruskan? Impor terus? Yang untung negara lain, yang terbuka lapangan pekerjaan juga di negara lain, padahal kita memiliki bahan bakunya, kita memiliki raw material-nya, yaitu batu bara yang diubah menjadi DME,” ujarnya.

Baca Juga: 229 Aset Kripto Sudah Dapat Izin Diperdagangkan di Indonesia, Ini Daftarnya

Presiden mengungkapkan, jika hilirisasi batu bara menjadi DME yang merupakan proyek kerja sama antara PT Bukit Asam, Tbk, PT Pertamina, dan Air Products and Chemicals ini mulai berproduksi nantinya, maka akan mengurangi subsidi dari APBN sekitar Rp7 triliun.

“Kalau semua LPG nanti disetop dan semuanya pindah ke DME, duit yang gede sekali Rp60-70 triliun itu akan bisa dikurangi subsidinya dari APBN. Ini yang terus kita kejar,” imbuhnya.

Jika impor dapat terus dikurangi, ujar Presiden, maka akan dapat sekaligus memperbaiki neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan. Tak hanya itu, hilirisasi industri ini juga dapat membuka lapangan kerja.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x