Menko Perekonomian Sebut Ekonomi Indonesia Masih Lebih Baik dari Negara Lain yang Terdampak Covid-19

- 12 Agustus 2020, 13:49 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Antara)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Antara) /Antara


JAKSELNEWS.COM
– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartato mengatakan bahwa keadaan ekonomi di Indonesia masih relatif lebih baik dari negara lain yang mengalami resesi akibat dampak pandemi Covid-19.

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian banyak negara. Bahkan, sudah ada deretan negara yang harus masuk jurang resesi akibat perekonomian yang minus selama dua kuartal berturut-turut. Indonesia terbilang masih lebih baik, sebab baru satu kuartal saja mengalami minus, yakni ekonomi Kuartal II tahun 2020 minus sebesar 5,32%, sehingga belum masuk jurang resesi.

“Indonesia mengalami penurunan ekonomi -5.32%. Namun kontraksi ekonomi ini masih relatif lebih baik ketimbang negara lain,” ujar Airlangga sebagaimana dilansir Jakselnews.com dari artikel Potensi Bisnis berjudul Airlangga Berkelit, Ekonomi RI Merosot Tak Lebih Parah dari Negara Lain yang mengutip Warta Ekonomi.

Airlangga juga membandingkan kondisi ekonomi Indonesia dengan negara lain seperti Inggris yang masuk resesi setelah ekonomi di kuartal II 2020 merosot hingga minus 20,4%, menyusul minus 2,2% di kuartal pertama. Lalu ada pula Hong Kong yang minus -12%, India -18%, dan Singapura -12,6%.

Selanjutnya, ia optimis bahwa Indonesia dapat membangkitkan perekonomian pada Kuartal III 2020.

“Melihat kuartal ke III ini, sangatlah penting belanja pemerintah dapat menunjang dan mengungkit pada kuartal III dan ke IV,” tambah Airlangga.

Selain itu, Airlangga juga menekankan bahwa pada periode ini market confident dan market aman harus diutamakan mengingat konsumsi rumah tangga memiliki kontribusi yang besar untuk perekonomian Indonesia.***

Editor: Setiawan R
Sumber: Pikiran-rakyat.com

Editor: Setiawan R

Sumber: Potensi Bisnis


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x