Menhub: Maskapai Penerbangan Terancam Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19

- 12 Agustus 2020, 17:16 WIB
Ket menteri Perhubungan Budi Karya didampingi Gubernur Wayan Koster saat peresmian ground breaking pelabuhan Nusa Penida
Ket menteri Perhubungan Budi Karya didampingi Gubernur Wayan Koster saat peresmian ground breaking pelabuhan Nusa Penida /tim ringtimes bali

JAKSELNEWS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa maskapai penerbangan dapat mengalami kebangkrutan akibat pandemi covid-19.

"Pandemi merupakan masa suram bagi berbagai bisnis, termasuk transportasi. Bahkan transportasi dan logistik merupakan sektor terdalam yang mengalami masalah," kata Budi dilansir Jakselnews pada 12 Agustus 2020 dari artikel portaljogja.pikiran-rakyat.com berjudul Menhub: Covid-19 Ancam Maskapai Bangkrut.

Budi menyatakan bahwa sektor transportasi udara yang sangat terkena dampaknya, pasalnya selama pandemi berlangsung, aktivitas penerbangan dibatasi baik dari domestic maupun internasional.

Baca juga: Perempuan Keturunan Asia Kamala Harris Digaet Joe Biden Jadi Calon Wapres

"Ada ketakutan penumpang akan tertular covid-19 yang menyebabkan omset turun 30 persen hingga 50 persen," katanya.

Ia juga berpendapat bahwa ancaman kebangkrutan maskapai juga dirasakan oleh beberapa maskapai penerbangan internasional, seperti Virgin Australia dan Thai Airways.

"Dua maskapai Eropa, Luthfansa dan Air France Prancis terancam gulung tikar. Kemudian Thai Airways lakukan penggantian operasi bulan ini karena lockdown di Thailand," katanya

Selain itu sektor logistic juga terkena dampaknya, karena basis dari sektor logistic adalah sektor transportasi. Kedua sektor tersebut memiliki kontribusi dalam membantu pertumbuhan ekonomi Negara.

Budi juga mengatakan bahwa dengan tutupnya perusahaan penerbangan, maka biaya kargo dapat meningkat yang akhirnya mempengaruhi sektor logistic.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Portal Jogja (PRMN)


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x