LPDP Bersama Kemenkes Bentuk Kerja Sama Perkuat SDM Kesehatan Indonesia

- 13 Agustus 2020, 15:38 WIB
Penandatanganan nota kesepahaman LPDP- BPPSDMK.* //Instagram @lpdp_ri

JAKSELNEWS.COM - LPDP dan Kementrian Kesehatan mulai tandatangani perjanjian kerja sama untuk pengembangan kapasitas SDM kesehatan dengan melalui pemberian beasiswa khusus untuk program magister, dokter dan dokter spesialis. 

Dalam sesi kegiatan penandatangan hubungan kerja sama ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Direktur Utama LPDP, Menteri Keungan, serta Kepala BPPSDM Kementrian Kesehatan. 

Hubungan kerja sama ini sengaja diciptakan untuk dapat melakukan penempatan alumni dokter spesialis LPDP dengan tujuan pemenuhan kebutuhan untuk kapasitas tenaga kesehatan spesialis yang akan disebar di seluruh daerah Indonesia.

Baca juga: [BREAKING NEWS] - Inggris Resmi Masuk ke Jurang Resesi setelah Ekonomi -20,4% di Kuartal II 2020

Hal ini melihat di lapangan, semakin banyak kasus dokter dan tenaga kesehatan yang meninggal karena terpapar virus Corona sehingga menyebabkan penurunan kapasitas pada jumlas Nakes. 

Selain itu, hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah indonesia dalam menjamin intergenerational Fund. 

Melihat, sejak tahun 2021 hingga 2020 ini, pemerintah selalu mengabil sebagian dana dari APBN dengan jumlah total sekitar Rp. 51,12 Trilliun untuk dikelola secara khusus oleh BLU-LPDP.

Lalu hingga saat ini, total sebanyak 24.926 orang telah menerima beasiswa LPDP dan sebanyak 2.334 penerima beasiswa LPDP memilih melanjutkan perkuliahan mereka ke dalam bidang kesehatan, serta 549 orang telah resmi dan akan mengambil pendidikan dokter spesialis. 

Di akhir acara penandatangan hubungan kerja sama yang dilaksanakan kemarin, 12 Agustus 2020 tersebut, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan berkesempatan untuk memberikan ceramah. Ia mengatakan bahwa investasi untuk kualitas dalam bidang kesehatan merupakan bagian penting dan sangat dibutuhkan saat ini oleh seluruh negara di dunia, terutama Indonesia sendiri, melihat juga kasus pandemi Corona semakin ganas. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X