Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli Dinilai Dapat Benahi Ekonomi Indonesia

- 14 Agustus 2020, 07:02 WIB
Rizal Ramli. (Pikiran-rakyat.com/Dewiyatini) /Pikiran-rakyat.com/Dewiyatini

JAKSELNEWS.COM – Direktur Eksekutif Accurate Research dan Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Siradj menilai bahwa Rizal Ramli dapat mendongkrak perekonomian Indonesia yang saat ini terancam mengalami resesi akibat pandemi Covid-19.

Ia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus mempertimbangkan reshuffle dalam sektor perekonomian Indonesia.

"Saya kira desakan reshuffle tidak bisa diabaikan. Terutama untuk pos ekonomi. Ini harus menjadi perhatian Presiden Jokowi," ujar Baihaki pada Rabu 12 Agustus 2020 seperti dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran Rakyat Tasikmalaya berjudul Nama Rizal Ramli Dinilai Bisa Benahi Perekonomian Indonesia, Desakan Reshuffle Santer Dibicarakan yang melansir RRI.

Baihaki memberikan komentar ini terkait desakan reshuffle lantaran pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah merosot -5,32% pada Kuartal II 2020.

Menurutnya, Rizal Ramli (RR) selaku mantan Menteri Perekonomian dapat menjadi sosok yang bisa diandalkan untuk membenahi kondisi perekonomian nasional saat ini, mengingat RR memiliki pengalaman dalam mengatasi permasalahan yang sama pada saat menjabat di kabinet Gus Dur dan berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi dari -3% menjadi 4.9%.

Baihaki turut yakin bahwa RR dapat membenahi situasi krisis yang terjadi saat ini. Ia mengatakan bahwa walaupun saat ini Indonesia sedang dihadapi oleh pandemi Covid-19, situasi politik relatif stabil dibandingkan 20 tahun silam di mana situasi politik sangat gaduh.

"Sekitar 20 tahun lalu, situasi politik sangat gaduh. Tapi perekonomian tumbuh, hutang luar negeri berkurang dan daya beli masyarakat (kembali) tinggi. Itu semua tidak lepas dari peran Rizal Ramli," tambah Baihaki.***

Editor: Setiawan R.

Sumber: Pikiran Rakyat Tasikmalaya

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat Tasikmalaya


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X