Hari Ini, MPR Siap Gelar Sidang Tahunan 2020 di Saat Pandemi

- 14 Agustus 2020, 10:52 WIB
Gedung MPR/DPR. (Pikiran-rakyat) /Pikiran Rakyat

JAKSELNEWS.COM - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) siap untuk melaksanakan Sidang Tahunan MPR Tahun 2020 di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, pada Jumat, 14 Agustus 2020.

Sidang kali ini akan sedikit berbeda dari yang sebelumnya karena kondisi saat ini yang masih rawan untuk berkumpul dan berdekatan akibat pandemi Covid-19.

Protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat dalam dilaksanakannya Sidang Tahunan MPR 2020. Tata cara Sidang Tahunan MPR juga sudah dikoordinasikan bersama Sekretariat Jenderal DPR dan DPD. 

“Kita sudah melakukan geladi bersama-sama dan juga dengan Sekretariat Negara. Jadi, intinya kita sudah mempersiapkan tata cara persidangan, dan sudah siap untuk melakukan Sidang Tahunan MPR,” kata Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono seperti dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Meski Pandemi, MPR Siap Gelar Sidang Tahunan 2020 di Gedung Nusantara yang dikutip pada Kamis, 13 Agustus 2020

Untuk memenuhi ketentuan protokol kesehatan Covid-19, lanjut Ma’ruf, hanya perwakilan dari fraksi dan DPD serta tamu undangan yang bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR.

Saat para anggota sidang sampai di dalam Gedung Nusantara, mereka harus menjaga jarak satu sama lain atau social distancing. Ma’ruf juga mengatakan bagi para anggota MPR yang tidak bisa menghadiri rapat di Gedung Nusantara bisa ikut berpartisipasi secara virtual melalui zoom meeting. Sidang Tahunan ini juga nantinya akan di siarkan di Youtube.

“Kita menyediakan ruang untuk mengikuti sidang dengan zoom meeting atau virtual kepada anggota MPR. Juga bisa diikuti dengan streaming, atau di televisi. Masyarakat juga bisa menyaksikan sidang ini. Sambil berjalan semua ini benar-benar kita siapkan,” jelasnya.

Sidang Tahunan MPR merupakan sidang yang sangat penting, harus dilakukan setiap tahunnya dan sudah menjadi konvensi ketatanegaraan yang berlangsung sejak 2015. MPR menggelar Sidang Tahunan ini guna memfasiliasi lembaga negara menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya kepada masyarakat.***

 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X