Waspada, Berikut Sejumlah Daerah yang Sepekan Kedepan Hujan Lebat Disertai Petir dan Kilat!

- 22 September 2020, 12:04 WIB
ILUSTRASI hujan lebat beserta petir dan kilat.
ILUSTRASI hujan lebat beserta petir dan kilat. /PIXABAY/

JAKSELNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tengah menghimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat di masa pancaroba ini.

"Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es," ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada Selasa, 22 September 2020, sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Bogor.Pikiran-Rakyat.com berjudul Prediksi BMKG, Sepekan Kedepan Hujan Lebat Disertai Petir dan Kilat Bakal Menghantui Sejumlah Daerah.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Mereka memprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober hingga November 2020.

Selama September hingga Oktober, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan pun masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia.

BMKG pula memprediksi dalam sepekan kedepan, hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat dan petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Yakni pada 22-24 September di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Setelah itu, periode 25-28 September hujan Intensitas lebat diprediksi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat Bogor


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x