Hoaks Habib Rizieq Meninggal Tertabrak Unta di Arab Saudi, Berikut Fakta Sebenarnya

- 23 September 2020, 17:29 WIB
Hoaks kabar meninggalnya Habib Rizieq karena tertabrak unta
Hoaks kabar meninggalnya Habib Rizieq karena tertabrak unta /Dok. Mafindo

JAKSELNEWS.COM - Kabar viral mengenai kondisi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab kembali beredar di media sosial.

Kabar yang diunggah di platform Facebook tersebut menyebutkan bahwa HRS tertabrak unta di Arab Saudi hingga meninggal dunia. Akun Facebook bernama Yoga Howedes adalah pengunggah yang bertanggung jawab atas informasi meninggalnya HRS ini.

Di laman Facebooknya, Yoga mengunggah foto tangkapan layar dari media online di Amerika Serikat, New York Times. Unggahan foto tersebut berjudul ‘HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi’.

Lebih dari itu foto tersebut juga menyebutkan narasi tertabraknya HRS akibat mabuk oleh kencing unta.

"Sumber lokal menuturkan si Korban dengan sengaja menerobos batas dan memasuki lintasan balap.

"Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata beliau sedang mabuk Pipis unta karena tengah mengalami masalah finansial serius. Tetangga terdekat menuturkan setiap hari didatangi debt kolektor sebelum akhirnya mengalami depresi berat." Tulis caption dalam foto tangkapan layar Yoga Howedes

Akan tetapi, sebagaimana dikabarkan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel Dikabarkan Meninggal Akibat Ditabrak oleh Unta di Arab Saudi, Simak Cek Fakta Kematian Habib Rizieq kabar tersebut telah dikonfirmasi sebagai kabar hoaks.

Cek fakta yang dilakukan pada 22 September 2020 oleh situs Turn Back Hoax menemukan bahwa informasi tersebut terbukti palsu.

Terbukti saat tim Turn Back Hoax menelusuri situs New York Times dengan kata kunci ‘HRS’ dan ‘Arab Saudi’ tidak ditemukan satupun berita sebagaimana diunggah oleh akun Yoga Howedes.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x