Akan Tiba November Mendatang, Ini 6 Kelompok yang Berhak Mendapatkan Vaksin Covid-19

- 15 Oktober 2020, 08:26 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19/Freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19/Freepik /

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 akan tiba pada November mendatang. Pemerintah juga menjelaskan siapa saja yang berhak menerima vaksin ini nantinya.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan terkait pengadaan vaksin ini pemerintah terus berupaya melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak. Diantaranya adalah beberapa perusahaan farmasi seperti Sinovac, Sinopharm, dan Cansino sudah berkomitmen memasok vaksin.

"Dengan Sinovac, kita sudah punya jadwal pengadaan 143 juta dosis dan seluruhnya akan kerjasama dengan Bio Farma," ungkap Menko Airlangga mengutip laman Pikiran Rakyat dengan judul artikel Dijadwalkan Datang November 2020, Inilah 6 Kelompok Sasaran yang akan Terima Vaksin Covid-19.

Sementara dengan Sinopharm pada tahun ini akan membuat pengadaan dosis sebanyak 15 juta, dan yang terakhir dengan CanSino sebanyak 100 ribu dosis di akhir tahun dan tahun depan sebanyak 15 juta dosis.

Saat ini Menteri Kesehatan dan Menteri BUMN tengah berdiskusi untuk pengadaan 100 juta vaksin tersebut. Untuk sasarannya sendiri pemerintah menargetkan tenaga medis, TNI/Polri, aparat hukum serta pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang.

Kemudian sasaran kedua tokoh agama/masyarakat, perangkat daerah sebanyak 5,6 juta orang. Sasaran ketiga mencakup seluruh tokoh/tenaga pendidik sebanyak 4,3 juta orang.

Sasaran keempat yakni aparatur pemerintah sebanyak 2,3 juta orang. Sasaran kelima adalah penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan sebanyak 86 juta orang, yang terakhir sasaran keenam adalah seluruh masyarakat mulai dari usia 19 tahun hingga 59 tahun sebanyak 57 juta orang. *** (Nika Wahyu/Zona Jakarta).

Editor: Winda Destiana Putri

Sumber: Pikiran Rakyat Zona Jakarta


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x