Mahfud MD: Gatot Nurmantyo Bersedia Menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera

- 11 November 2020, 15:44 WIB
Mahfud MD dalam acara penyerahan Bintang Mahaputera.
Mahfud MD dalam acara penyerahan Bintang Mahaputera. /Youtube Sekretariat Presiden/

JAKSELNEWS.COM - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, telah mengungkapkan bahwa mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) TNI, Gatot Nurmantyo bersedia menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera.

Akan tetapi, dirinya tidak dapat hadir pada upacara penyematan di Istana Negara pada Rabu 11 November 2020 ini, lantaran alasan pandemi Covid-19.

"Dalam suratnya, Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini, tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama karena alasan Covid-19," kata Mahfud pada Rabu 11 November 2020, seperti dikutip Jakselnews.com dari artikel Depok.Pikiran-Rakyat.com berjudul Mahfud MD Sebut Gatot Nurmantyo Bersedia Terima Bintang Mahaputera.

Dirinya pula menyebutkan bahwa justru karena situasi pandemi Covid-19, pemerintah sudah memutuskan untuk membagi dua sesi upacara pemberian tanda kehormatan tersebut.

Sesi pertama dilakukan pada Agustus 2020 dan kedua pada 11 November 2020 ini.

Mahfud mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mengurangi potensi terjadinya kerumunan dan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Karena masa Covid-19, kita pecah dua, tetapi tidak lebih dari tahun 2020. Menurut Sekretaris Militer, Mayor Jenderal TNI Suharyanto, harus rampung tahun ini sebagai hak karena tahun berikutnya sudah ada lagi," ujarnya.

Dirinya menekankan istana kepresidenan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19 dalam setiap acara.

Menurut keterangannya pun, protokol kesehatan itu diterapkan kepada seluruh tamu undangan, baik itu sebelum acara dan selama acara berlangsung.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x